Apa Itu CRUD?

Dalam dunia pemrograman komputer memang banyak sekali istilah-istilah khusus yang digunakan. Salah satunya adalah CRUD yang umumnya digunakan untuk membangun program tertentu. Lalu, apa itu CRUD? Lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini. 

Apa itu CRUD?

CRUD adalah sebuah  akronim yang berasal dari dunia pemrograman komputer dan mengacu pada empat fungsi yang dianggap perlu untuk mengimplementasikan aplikasi penyimpanan persisten yaitu Create, Read, Update and Delete

Penyimpanan ini mengacu pada perangkat data apa pun yang mempertahankan daya setelah perangkat dimatikan, seperti hard disk atau solid state drive

Namun sebaliknya, Random Access Memory (RAM) dan Internal Caching adalah dua contoh memori volatil yang berisi data memang untuk dihapus ketika kehilangan daya.

Organisasi yang melacak data pelanggan, akun, informasi pembayaran, data kesehatan, dan catatan lainnya memerlukan perangkat keras penyimpanan data dan aplikasi yang menyediakan penyimpanan persisten. 

Data ini biasanya diatur ke dalam database, yang merupakan kumpulan data terorganisir dan dapat dilihat secara elektronik. 

Ada banyak jenis database yaitu database hirarkis, database grafik, dan database berorientasi objek untuk beberapa nama. 

Jenis database yang paling umum diimplementasikan adalah database relasional, yang terdiri dari data yang dimasukkan ke dalam baris dan kolom dan dihubungkan ke tabel lain dengan informasi pelengkap oleh sistem kata kunci yang mencakup primary keys and foreign keys.

CRUD  bisa mengidentifikasi semua fungsi utama yang ada pada database relasional untuk mengelolanya, seperti Microsoft SQL Server, Oracle Database, MySQL, serta lainnya.

Sebelum masuk dalam pembahasan penjelasan komponen CRUD, kini kamu bisa dapatkan hosting domain murah hanya di DomaiNesia. 

Penjelasan dari 4 Komponen CRUD 

Sebuah database relasional terdiri dari tabel dengan baris dan kolom. Dalam database relasional, setiap baris tabel dikenal sebagai tuple atau record. Dan berikut ini penjelasan lengkap terkait komponen-komponen CRUD: 

1. Created

Fungsi create ini sendiri membantu pengguna atau user agar bisa membuat record baru dalam database. Dalam aplikasi database relasional SQL, fungsi Create disebut INSERT. Di Oracle HCM Cloud, ini disebut create

Pengguna dapat membuat baris baru hingga mengisi data yang sesuai dengan atribut. Namun, hanya administrator yang bisa menambahkan atribut baru ke tabel tersebut.

2. Read

Fungsi read mirip dengan search atau pencarian. Ini membuat pengguna memungkinkan untuk mencari dan mengambil catatan tertentu dalam tabel dan membaca nilainya. 

Pengguna mungkin dapat menemukan catatan yang diinginkan menggunakan kata kunci, atau dengan melakukan filter data berdasarkan kriteria yang disesuaikan. 

Baca juga: cara membuat blog paling gampang

3. Update

Selanjutnya, fungsi update adalah mengubah record yang ada pada database. Untuk sepenuhnya mengubah catatan, pengguna harus mengubah informasi di beberapa bidang. 

Kamu dapat mengubah isi catatan hingga semua nilai atribut untuk mencerminkan karakteristik data baru. Baik di SQL dan Oracle HCM cloud, fungsi pembaruan tetap akan disebut update.

4. Delete

Fungsi delete ini membuat pengguna bisa menghapus catatan dari database yang tidak lagi diperlukan. Baik SQL dan Oracle HCM Cloud memiliki fungsi delete sama yaitu untuk menghapus satu atau lebih catatan dari database. 

Beberapa aplikasi database relasional dapat mengizinkan pengguna untuk melakukan hard delete atau soft delete

Hard delete artinya pengguna menghapus catatan secara permanen dari database, sementara soft delete hanya memperbarui status baris untuk menunjukkan bahwa telah dihapus sambil membiarkan data tetap ada dan utuh.

Manfaat menggunakan CRUD

Seperti yang kita tahu bahwa salah kegunaan dari CRUD adalah fleksibilitasnya yang  digunakan dan diimplementasikan dalam banyak bahasa pemrograman. 

Beberapa bahasa pemrograman tersebut seperti PHP, SQL, JavaScript, Ajax, hingga Java, Python. Selain itu, juga dapat digunakan pada bermacam-macam framework, seperti Codeigniter dan Laravel. 

Selanjutnya, CRUD juga memiliki fungsi esensial untuk bisa dipahami. Hal itu pun berpengaruh besar, karena kamu bisa mengalami kesulitan sebelum benar-benar memahami pemrograman komputer ini. 

Dan manfaat terakhir dari CRUD adalah mendukung tampilan user interface menjadi lebih terkontrol dan akurat. 

Lebih terkontrol yang dimaksud yaitu berbagai macam tipe data dapat terdefinisi sesuai dengan atribut dan nilai masing-masing.

Jadi, apa itu CRUD adalah sebuah alat manipulasi database yang memiliki empat fungsi utama create, read, update, dan delete (CRUD). Pengguna dapat membuat, melihat, memodifikasi, dan mengubah data menggunakan fungsi CRUD, yang merupakan antarmuka pengguna basis data. Pembatasan CRUD diberlakukan oleh tabel database sederhana.

SEODigital.co.id (PT. SEO DIGITAL INDONESIA) adalah Agency Digital Indonesia yang Bergerak Dibidang: Jasa SEO, Jasa Backlink, Jasa Blogroll, Jasa Content Placement, Jasa Press Release Media Nasional dan Jasa Penulis Artikel.

Contact

PT. SEO Digital Indonesia

NPWP: 43.504.847.5-437.000

Email: [email protected]

WA: 081221080222