Apa Itu Ubuntu?

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya terdapat berbagai macam perangkat lunak agar program-program di komputer dapat beroperasi dengan lancar. Dan salah perangkat lunak tersebut adalah sistem operasi Ubuntu. Namun, jenis yang satu ini mungkin terdengar asing untuk sebagian orang, bukan? Agar lebih paham berikut penjelasan apa itu Ubuntu dan keunggulannya.  

Apa itu Ubuntu?

Ubuntu adalah sebuah sistem operasi Linux yang tersedia dengan adanya dukungan dari komunitas maupun profesional. 

Ubuntu ini merupakan sistem operasi yang tidak berbayar atau gratis. Sekalipun untuk keperluan perusahaan, penggunaan Ubuntu ini tidak akan dikenakan biaya tambahan. 

Perlu kamu ketahui bahwa sistem operasi Ubuntu ini disediakan untuk semua orang secara gratis dengan persyaratan yang sama.

Selain itu, Ubuntu juga menyertakan sistem terjemahan dan infrastruktur aksesibilitas yang ditawarkan oleh komunitas Free Software. Jadi sistem operasi ini dapat digunakan oleh banyak orang.

Ubuntu dikirimkan dengan siklus rilis yang terbilang cukup stabil dan teratur. Biasanya rilis baru tersebut akan dikirimkan setiap enam bulan. 

Setelah dua tahun genap rilis Ubuntu Long Term Support (LTS) juga akan tersedia, dan didukung selama lima tahun. 

Rilis Ubuntu juga dikenal sebagai rilis pengembanganyang akan didukung selama 9 bulan. 

Ubuntu secara utuh telah berkomitmen pada prinsip-prinsip pengembangan perangkat lunak sumber terbuka atau open source

Sistem operasi Ubuntu ini sangat cocok untuk penggunaan desktop dan server. Ini menyertakan ribuan perangkat lunak, dimulai dengan kernel Linux versi 5.4 dan GNOME 3.28, serta mencakup setiap aplikasi desktop standar. 

Cakupan desktop standar tersebut mulai dari aplikasi pengolah kata dan spreadsheet hingga aplikasi akses internet, perangkat lunak server web, perangkat lunak email, bahasa dan alat pemrograman, serta beberapa games

Jenis-jenis ubuntu

Setelah penjelasan mengenai apa itu Ubuntu di ata, kamu juga wajib mengetahui jenis-jenisnya. Beberapa jenis sistem operasi Ubuntu ini yang biasanya digunakan oleh banyak orang di beberapa program komputer seperti: 

1.Ubuntu Desktop

Ubuntu Desktop merupakan sebuah sistem operasi khusus perangkat desktop. Nantinya, akan terdapat beberapa aplikasi yang sesuai dengan penggunaan sehari-hari pada sistem operasi Ubuntu Desktop.  

Rangkaian software pada sistem operasi ini dapat menunjang produktivitas kantor, software multimedia, dan browser web.

Dalam proses menginstalnya pun cukup mudah untuk dilakukan, karena tak ada bedanya ketika mengunduh perangkat lunak lainnya.  

2.Kubuntu

Selanjutnya adalah versi Ubuntu dengan perangkat lunak K Desktop Environment atau KDE secara default yaitu Kubuntu. 

Penggunaan sistem operasi jenis Kubuntu ini dapat membuat kamu dapat memakai banyak program populer dalam mengelola kebutuhan. 

Tak hanya itu saja, manfaat lain dari penggunaan Kubuntu ini kamu bisa melakukan banyak custom atau kustomisasi sesuai dengan keinginan.  

3.Manjaro Linux

Bagi kamu yang ingin membuat instalasi dan konfigurasi bisa dilakukan menjadi lebih sederhana maka penggunaan Manjaro Linux adalah solusi yang tepat.  

Kemudian, Manjaro Linux adalah sistem operasi yang juga mampu dikonfigurasi menggunakan aplikasi inti KDE Plasma serta KDE. 

4.Ubuntu GNOME

Jenis terakhir ada Ubuntu GNOME yang awalnya memiliki nama Ubuntu GNOME Remix. 

Menariknya pada jenis sistem operasi ini kamu dapat membuat tampilan program di desktop sama dengan tampilan dari Windows.

Selain sistem operasi yang tepat, kamu juga perlu memilih jenis layanan hosting adalah yang tepat seperti menggunakan cloud server Indonesia di DomaiNesia. 

Keuntungan Menggunakan Linux Ubuntu

1. Tahan dengan malware

Situs apapun yang ada di internet pasti bisa terkena virus atau malware dan hal itu tentu sangat berbahaya untuk keamanan data-data milikmu. 

Dan penggunaan Ubuntu ini menjadi sistem yang tepat karena dapat menghadapi potensi bahaya dari berbagai macam virus dan malware tanpa memerlukan software anti virus. 

2. Dapat dengan mudah diinstal

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa menginstal Ubuntu sangatlah mudah untuk dilakukan. Kamu dapat mem-boot Linux dari USB flash drive atau CD. 

3. Tersedia banyak browser internet modern di linux

Tak hanya sekadar Google Chrome, dengan menggunakan sistem operasi Ubuntu kamu juga dapat memakai browser web lainnya seperti Internet Explorer.  

4. Tersedia berbagai macam editor teks

Terakhir, Linux juga memiliki berbagai macam editor teks. Apabila kamu seorang programmer, maka dapat memilih paket hardware apapun secara gratis apapun. 

Contohnya seperti kode studio visual, Vim, Atom, dan lain-lainnya. Perlu kamu ketahui bahwa sebagian besar editor teks tersedia dengan gratis. 

Jadi, pembahasan lengkap di atas sudah menjelaskan tentang apa itu Ubuntu beserta jenis-jenis dan manfaatnya bagi pengguna komputer. Sistem operasi yang satu ini merupakan bagian dari Linux dan dapat menunjang berbagai pekerjaan khususnya bagi pekerja di bidang digital. 

SEODigital.co.id (PT. SEO DIGITAL INDONESIA) adalah Agency Digital Indonesia yang Bergerak Dibidang: Jasa SEO, Jasa Backlink, Jasa Blogroll, Jasa Content Placement, Jasa Press Release dan Jasa Penulis Artikel.

Contact

PT. SEO Digital Indonesia

NPWP: 43.504.847.5-437.000

Email: [email protected]

WA: 081221080222