AREDO Hadir Memperkenalkan Pentingnya Domain untuk Pertumbuhan Bisnis

Zaman makin berkembang, teknologi makin maju, dan kegiatan pemasaran secara online juga makin banyak digunakan. Selain melalui media sosial, pemasaran online juga bisa dilakukan melalui website.

Bicara soal website, Anda perlu tahu apa itu domain. Sederhananya, domain adalah alamat atau ekstensi yang digunakan untuk membuka atau mengakses suatu website, misalnya domain .com, .id, .co.id, dan lain-lain.

Agar bisa mendapatkan domain untuk website, Anda perlu menghubungi registrar domain yang merupakan suatu organisasi atau badan komersial yang bertugas sebagai wadah pendaftaran nama domain yang sudah diakreditasi oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers).

Pada 18 Oktober 2022, telah digelar acara Perkenalan Asosiasi Registrar Domain (AREDO) di Jakarta. Sebelumnya, deklarasi pendirian AREDO telah dilaksanakan pada 24 Agustus 2022 di Yogyakarta oleh 7 perwakilan registrar pendiri yaitu PT Infinys System Indonesia, PT Digital Registra Indonesia, PT Aksara Data Digital, PT JC Indonesia, PT Identitas Digital Nasional, PT Registrasi Nama Domain dan PT Jaringan Registri Indonesia.

AREDO sendiri berfungsi sebagai wadah bagi perusahaan registrar domain terakreditasi yang berbadan hukum di Indonesia dan aktif dalam industri.

Selain itu, AREDO juga menjadi tempat registrar domain Indonesia untuk bertukar pikiran dalam memberikan saran kepada regulator mengenai tata kelola domain di Indonesia agar menjadi lebih baik dan kondusif.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan pengurus AREDO yaitu Urip Indra Hartawan dari PT Registrasi Nama Domain sebagai Ketua Umum, Bachtiar Rivai dari PT Infinys System Indonesia sebagai Sekretaris, Yusuf Nurrachman dari PT Digital Registra Indonesia sebagai Pengawas, Ada juga Herlin Dwi Yudiandari dari PT JC Indonesia sebagai Bendahara dan Chairul Afif dari PT Identitas Digital Nasional sebagai Pembina. Sedangkan perwakilan registrar yang datang diantaranya dari Dewabiz, INDOREG, DNET dan DACENI

Dalam acara tersebut juga dijelaskan beberapa tujuan adanya AREDO yaitu untuk menjalin komunikasi antar anggota dan pihak-pihak yang terkait dengan industri nama domain, serta untuk membangun kompetisi sehat dalam bisnis registrasi domain di Indonesia.

Tujuan lainnya yaitu sebagai mitra pemerintah dalam penerapan regulasi dan tata kelola nama domain di industri Teknologi, Informasi dan Komunikasi, menjadi sarana penyampaian aspirasi anggota secara efektif kepada publik dan pemerintah, serta sebagai perlindungan anggota dalam aspek hukum, aspek bisnis, dan aspek teknis.

Pada acara yang berjalan lancar ini, AREDO juga menyampaikan beberapa kegiatan yang dilakukan untuk mendukung tercapainya tujuan. Kegiatan tersebut diantaranya yaitu mengadakan audiensi dengan PANDI terkait sistem akreditasi dan beberapa poin terkait PKS antara PANDI dan registrar untuk ccTLD ID. DImana PANDI atau Pengelola Nama Domain Indonesia merupakan organisasi yang diberi wewenang oleh Kominfo untuk mengelola dan menerbitkan top level domain ccTLD ID di Internet.

Domain mempunyai peran penting dalam dunia bisnis dan tentu akan menunjang aktivitas digital para pemilik bisnis. Salah satu manfaatnya yaitu dapat menyelamatkan brand dari penyalahgunaan atau kejahatan siber. Perusahaan yang memiliki domain juga akan terlihat lebih profesional dan dapat meningkatkan jangkauan di dunia digital.

Dari data PANDI, domain ccTLD ID telah bertumbuh sebesar 96,9% saat ini dibandingkan Januari 2020 (sebelum pandemi COVID-19). Terlihat peranan domain sangat penting dalam melakukan branding, pemasaran digital dan berjalan beriringan dengan pertumbuhan website-website ecommerce itu sendiri.

Dalam dunia maya, domain merupakan langkah awal untuk melindungi brand dan membantu brand Anda semakin dikenal.

Dengan membuat nama domain, calon pelanggan akan lebih mudah mengingat alamat website bisnis di internet. Disinilah peran penting domain untuk branding sebuah produk di era modern serba digital saat ini.

Oleh karena itu, adanya asosiasi yang bisa mewadahi urusan domain tentu sangat membantu para pemilik bisnis dalam memajukan bisnisnya. Dari acara Perkenalan Asosiasi Registrar Domain (AREDO) ini kita bisa mengenal dan mengetahui perkembangan domain di Indonesia. Kini registrant atau pembeli domain akan lebih mudah menentukan registrar domain terakreditasi. Tidak perlu khawatir ketika hendak mengembangkan bisnis melalui website sebagai media promosi.

SEODigital.co.id (PT. SEO DIGITAL INDONESIA) adalah Agency Digital No#1 di Indonesia yang Bergerak Dibidang: Jasa SEO, Jasa Backlink Media Blogger, Jasa Backlink Media Nasional dan Jasa Press Release Media Nasional.

Contact

PT. SEO Digital Indonesia

NPWP: 43.504.847.5-437.000

Email: [email protected]

WA: 081221080222