Asuransi Mobil All Risk: Pengertian, Biaya, hingga Cara Klaim

Semakin terjangkaunya harga mobil di pasaran dan pentingnya mobilitas masyarakat membuat kendaraan ini bukan lagi masuk ke dalam kategori barang tersier (mewah). Hampir semua orang membutuhkan transportasi pribadi ini sebagai mobilitas utama. Bahkan bukan hanya orang kaya saja yang memiliki mobil, masyarakat kalangan menengah pun kini sudah mulai menjadikan mobil sebagai kebutuhan yang cukup penting.

Oleh karena itu sudah jadi hal yang wajar kita harus melindungi apa-apa yang penting dalam kehidupan kita, seperti kesehatan, tempat tinggal, termasuk kendaraan. Jadi perlindungan apa yang tepat untuk mobil kita? Ada dua pilihan asuransi kendaraan yang bisa kamu pilih, asuransi mobil all risk, dan TLO (total loss only).

Apa Itu Pengertian Asuransi Mobil All Risk?

Apa itu istilah all risk dalam asuransi mobil? Sesuai dengan namanya, asuransi mobil all risk artinya adalah produk asuransi yang akan melindungi mobil dari segala risiko yang mungkin terjadi, mulai dari kecelakaan, bencana alam, rusak akibat terkena kerusuhan/huru-hara, bahkan ketika mobilmu hilang dicuri orang!

Oh, iya, asuransi mobil all risk juga punya sebutan lain. Nama lain asuransi mobil all risk adalah asuransi mobil comprehensive dalam Bahasa Inggris, atau komprehensif dalam Bahasa Indonesia.

Manfaat Asuransi Mobil All Risk

Asuransi all risk mobil meliputi manfaat apa saja? Manfaat asuransi mobil all risk antara lain memberi perlindungan bagi mobil dari semua risiko serta menjamin perlindungan terhadap segala jenis kecelakaan, mulai dari kecil hingga parah serta kehilangan selama penyebab kejadian bukan disengaja (contohnya pencurian).

Keuntungan Asuransi Mobil All Risk

Dengan menggunakan biaya asuransi mobil all risk, kamu akan mendapatkan 3 keuntungan yang tidak dapat kamu dapatkan dengan jenis asuransi mobil lain, seperti:

1. Mobil terlindungi secara total

Dengan asuransi mobil comprehensive ini, kamu tidak perlu lagi cemas akan risiko kerusakan yang bisa menimpa mobilmu karena besar atau kecilnya kerusakan tidak menjadi faktor utama klaim diterima atau tidak, berbeda dengan jenis asuransi TLO yang mengharuskan kerusakan mobil di atas 75%.

2. Cakupan manfaat yang lebih luas

Berbeda dengan TLO yang hanya mencakup manfaat kerusakan dan kehilangan total, asuransi mobil comprehensive memiliki pilihan perluasan jaminan. Dengan perluasan jaminan tersebut kamu bisa melindungi mobilmu dari risiko-risiko khusus seperti bencana alam, kerusuhan, hingga tanggung jawab pihak ketiga bila penyebab kecelakaan menyebabkan pengendara lain terluka.

3. Membuat pikiran lebih tenang

Karena asuransi mobil all risk melindungi dari segala risiko, kamu tidak perlu lagi merasa takut atau cemas ketika hal buruk terjadi kepada mobilmu, beban biaya perbaikan juga tidak akan menghantui dompetmu. Hidup jadi lebih nyaman dan tenang.

Cara dan Syarat Klaim Asuransi Mobil All Risk

Lantas, bagaimana cara klaim asuransi mobil all risk? Banyak orang yang ragu untuk mengasuransikan mobilnya lantaran takut jika sulit dalam melakukan klaim. Berikut ini cara klaim asuransi mobil comprehensive yang perlu kamu tahu.

Syarat atau Dokumen Klaim Asuransi

Beberapa dokumen yang dipersyaratkan untuk melakukan klaim asuransi mobil comprehensive antara lain:

  • Asli dan fotokopi polis asuransi
  • Fotokopi SIM dan STNK
  • Bukti laporan kepolisian (jika terjadi kecelakaan)
  • Formulir klaim lengkap dengan tandatangan
  • Kronologi tertulis (jika terjadi kecelakaan)
  • Foto-foto kendaraan
  • Fotokopi KTP, SIM serta STNK pihak ketiga
  • Surat tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga yang ditandatangani dan dibubuhkan materai
  • Surat pernyataan yang menyatakan bahwa pihak ketiga tidak memiliki asuransi kendaraan bermotor
  • Surat keterangan polisi mengenai kronologi kecelakaan

Itulah ulasan lengkap tentang asuransi mobil all risk yang perlu kamu ketahui.

SEODigital.co.id (PT. SEO DIGITAL INDONESIA) adalah Agency Digital Indonesia yang Bergerak Dibidang: Jasa SEO, Jasa Backlink, Jasa Blogroll, Jasa Content Placement, Jasa Press Release dan Jasa Penulis Artikel.

Contact

PT. SEO Digital Indonesia

NPWP: 43.504.847.5-437.000

Email: [email protected]

WA: 081221080222