Cara Cek BI Checking Online

Sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit apa saja pada pihak leasing atau perbankan, sebaiknya kamu mengetahui bagaimana cara cek BI checking online menggunakan perangkat kamu. Dimana hal ini memang sangat berpengaruh atas skor kredit yang mungkin pernah kamu lakukan sebelumnya.Biasanya pengecekan semacam ini sebagai salah satu persyaratan untuk kamu bisa mendapatkan pinjaman tertentu. Karena jika kamu terkena BI Checking ini, maka besar kemungkinan pengajuan kredit yang kamu inginkan tidak akan di ACC oleh pihak penyedia.

Itulah mengapa kamu perlu mengetahui bagaimana cara cek BI checking online sebagai rujukan saat kamu ingin mengajukan pinjaman uang atau kredit semacamnya. Agar kamu bisa mengetahui apakah rencana pengajuan kredit yang kamu inginkan bisa disetujui atau tidak sama sekali.

Apa itu Cara Cek BI Checking Online?

Cara cek BI checking online merupakan metode yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah kamu terkena skor atas keterlambatan pembayaran atau tidak. Hal ini biasanya terjadi karena kamu pernah menunggak atau terlambat membayar cicilan kredit atau pinjaman khusus perbankan.

Sementara BI checking sendiri merupakan informasi layanan yang memuat berbagai pencatatan riwayat debitur kredit. Hal ini mencakup kelancaran atau non performing loan yang juga disebut dengan kegagalan pembayaran atas pinjaman yang kamu jalankan sehingga terhitung hutang.

Meskipun sekarang layanan BI checking ini sudah berubah menjadi SLIK OJK atau disebut juga dengan Sistem Layanan Informasi Keuangan. Namun masih tetap saja hal ini berpengaruh terhadap semua catatan informasi terhadap kredit debitur yang pernah kamu lakukan sebelumnya.

Untuk mengetahui bagaimana cara cek BI checking online ini kamu bisa melakukannya secara online dengan perangkat digital seperti Komputer, Android, dan iOS. Hal ini menentukan keberhasilan akan ajuan pinjaman atau kredit yang kamu lakukan atau dengan kata lain skor kredit pada SLIK OJK.

Tetapi, apakah kamu mengerti apa yang dimaksud dengan skor kredit yang mempengaruhi pengajuan pinjaman atau kredit yang kamu ajukan? Jika belum paham, maka kami akan menjelaskannya pada ulasan berikut ini.

Berbagai Jenis Skor Kredit yang Harus Kamu Ketahui

Skor kredit disebut juga dengan penilaian kredit yang pernah kamu ajukan dan menentukan apakah kamu terkena BI checking atau tidak. Seperti tadi kami jelaskan, hal ini akan mempengaruhi disetujui atau tidaknya pengajuan pinjaman atau kredit kamu pada pihak tertentu.

Sementara dalam istilah BI checking, skor kredit ini sendiri sangat dipengaruhi atau menggunakan skala perbandingan kolektibilitas antara perhitungan 1 hingga 5. Penasaran jenis skor kredit yang dimaksud? Silahkan kamu simak penjelasannya berikut ini.

Skor kredit kolektibilitas 1

Adalah kategori lancar karena peminjam atau debitur tidak pernah telat membayar angsuran yang dibebankan. Semantara penilaiannya adalah perkembangan rekening yang baik dan masuk kriteria persyaratan pengajuan kredit.

Skor kredit kolektibilitas 2

Kemudian skor kredit kolektibilitas 2 adalah debitur atau peminjam yang menunggak pembayaran atau terlambat membayar dalam kurun waktu 1 hingga 90 hari kedepan.

Skor kredit kolektibilitas 3

Penilaian berikutnya adalah skor kredit kolektibilitas 3 jika debitur melakukan pembayaran yang kurang lancar atau menunggak pembayarannya terhitung sejak 91 sampai 120 hari kedepan.

Skor kredit kolektibilitas 4

Sementara kriteria skor kredit kolektibilitas 4 adalah debitur yang diragukan karena pernah menunggak dari 121 hari sampai 180 hari kedepan.

Skor kredit kolektibilitas 5

Terakhir adalah penilaian skor kredit kolektibilitas 5 jika debitur ini terhitung macet karena menunggak pembayaran pokok kredit atau pinjaman dari 180 hari kedepan.

Nah, itulah beberapa kategori skor kredit kolektibilitas 1 sampai 5 yang sudah kami jelaskan dan bisa kamu jadikan sebagai acuan pengajuan kredit. Sekali lagi ini menentukan pengajuan kredit kamu akan disetujui atau tidak.

Kembali ke pembahasan awal mengenai cara cek BI checking online yang bisa kamu pelajari secara mudah dan pastinya ringkas. Agar kamu tidak semakin penasaran, maka silahkan kamu lihat penjelasannya secara lengkap berikut ini.

Cara Cek BI Checking Online Ringkas dan Cepat

Cara cek BI checking online bisa dengan mudah kamu lakukan untuk mengetahui skor kredit yang mungkin pernah kamu lakukan. Jika kamu penasaran mengenai caranya, lihat tutorial yang kami bagikan berikut.

  • Pertama silahkan kamu siapkan dulu persyaratannya seperti Paspor, KTP, NPWP badan usaha, akta pendirian/ anggaran dasar pertama, dan akta pendirian/ anggaran dasar terakhir.
  • Selanjutnya silahkan isi formulir pada link konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registrasi.
  • Lanjut dengan isi formulir permohonan informasi debitur atau iDeb.
  • Ntukan antrian berupa jadwal sisa slot antrian antara pukul 08:00 – 09:00, atau 09:00 – 10:00, atau 10:00 – 11:00, atau 11:00 – 12:00, atau 13:00 – 14:00, atau 14:00 – 15:00, dengan ketentuan hari aktif dari Senin sampai Jum’at.
  • Setelah mengisi formulir, kamu menerima informasi verifikasi antrian yang dikirimkan 2 hari sebelum antrian, dan akan tertera nomor WhatsApp SLIK OJK.
  • Lanjut pada verifikasi seperti cetak formulir dengan paraf 3x, scan formulir ditandatangani dikirim ke nomor WA yang tertera, selfie menunjukkan KTP, laluka verifikasi lanjutan via WhatsApp bila diperlukan.
  • Perhatikan setiap poin di email tersebut, agar tak ada kesalahan.
  • Setelah semua tahap lolos verifikasi, kamu akan menerima informasi detail debitur SLIK kamu.
  • Proses selesai dan kamu sudah mengetahui hasilnya.

Penutup

Cara cek BI checking online bisa kamu lakukan kapan saja dan dimana saja menggunakan perangkat yang kamu miliki. Namun tetap harus kamu perhatikan, bahwa melakukan pengecekan ini harus dengan jaringan internet yang stabil agar lancar dan cepat.

Sumber: Faristekno.com

SEODigital.co.id (PT. SEO DIGITAL INDONESIA) adalah Agency Digital No#1 di Indonesia yang Bergerak Dibidang: Jasa SEO, Jasa Backlink Media Blogger, Jasa Backlink Media Nasional dan Jasa Press Release Media Nasional.

Contact

PT. SEO Digital Indonesia

Email: [email protected]

WA: 081221080222