Cara untuk menghindari penularan virus corona agar Anda tidak menjadi salah satu orang yang tertular virus ini adalah dengan tinggal di rumah. Cara ini merupakan cara efektif untuk dapat menghentikan penyebaran virus covid-19. Dimana selain cara ini juga ada banyak cara lainnya yang digunakan untuk tetap sehat dan tidak tertular covid-19. Cara tersebut bisa Anda lebih lihat lengkapnya dalam berbagai informasi yang ada di Halodoc yang menyediakan fitur khusus untuk menghindari penyebaran covid-19. Seperti yang telah disebutkan bahwa salah satu langkah paling aman untuk digunakan adalah dengan tinggal di rumah dan melakukan social distancing. Akan tetapi Anda tentu saja tidak bisa untuk tidak keluar karena juga ada beberapa hal yang perlu dilakukan di luar rumah.

Ketika berada di luar rumah tersebut penyebaran memang akan lebih mudah terjadi sehingga bisa jadi terkena virus covid-19 ketika berada di luar rumah. Akan tetapi tentu saja hal tersebut tidak perlu untuk membuat Anda menjadi panik. Karena banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari penularan virus covid-19 ketika berada di luar rumah. Misalnya untuk beberapa cara yang bisa digunakan adalah sebagai berikut ini:

  • Menghindari menyentuh dengan tangan

Hal pertama yang bisa Anda perhatikan dan lakukan ketika berada di luar rumah adalah dengan menghindari menyentuh dengan tangan. Hal ini merupakan kegiatan yang akan sangat efektif untuk dapat menghindari terkena virus ketika berada di luar. Ketika berada di luar rumah tentu saja Anda akan menyentuh berbagai benda seperti misalnya gagang pintu, kaca pintu, barang-barang, meja, peralatan makan ketika berada di restoran, tombol lift, pegangan eskalator, troli belanja, dan juga berbagai benda lainnya. Hal tersebut merupakan hal berbahaya karena tidak terjamin kebersihannya. Berbeda ketika di rumah yang sudah Anda bersihkan dengan baik sehingga bisa untuk meminimalisir penyebaran virus selama di rumah. Akan tetapi ketika di luar hal tersebut merupakan hal yang tidak bisa dikontrol sehingga bisa menjadi media penularan virus corona.

Oleh karena itulah ketika Anda berada di luar maka bisa untuk menghindari menyentuh barang atau benda apapun dengan tangan. Sebagai alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan siku, bahu, pinggul, kaki, ataupun dengan ujung pakaian yang Anda kenakan. Hal tersebut akan lebih ampuh untuk mencegah penularan virus. Selain itu Anda juga bisa untuk menggunakan hand sanitizer sehingga tetap membuat tangan tetap bersih dan membunuh kuman dan virus dari luar.

  • Jaga jarak

Untuk hal selanjutnya yang dapat Anda perhatikan ketika berada di luar rumah dan terhindar dari virus adalah dengan menjaga jarak. Anda bisa untuk menjaga jarak dengan orang lain walaupun sedang berada di luar. Setidaknya jaga jarak dengan orang 1 meter sehingga akan dapat menghindari penyebaran covid-19. Hal ini dapat dilakukan seperti misalnya ketika berada di antrian toko, mengambil makanan, dan juga ketika mengisi bahan bakar.

  • Menggunakan masker

Hal terakhir yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan masker. Anda bisa untuk menggunakan masker yang tepat untuk menghindari penularan virus corona. Pilihlah masker yang memang efektif untuk dapat mencegah penularan virus ini seperti misalnya masker bedah. Hal ini merupakan langkah efektif yang dapat untuk menghindari penularan virus ketika berada di luar rumah. Setelah tiba di rumah juga jangan lupa untuk membersihkan masker yang Anda telah gunakan dengan mencucinya hingga bersih.

Open chat
1
Hallo,

Ada yang bisa Kami Bantu?