Kemampuan untuk berbahasa Inggris sangat penting untuk dimiliki pelamar. Hal tersebut karena sekarang ini sudah ada banyak perusahaan asing yang berdiri di Indonesia.
Dengan menggunakan curriculum vitae atau CV berbahasa Inggris, tentunya kamu menjadi lebih menonjol dibanding pelamar lain dan pastinya dapat memukau para HRD perusahaan.
Membuat CV dalam bahasa asing juga cukup mudah dan dapat dilakukan siapa pun, bahkan yang belum fasih berbahasa asing pun dapat membuatnya!
Siap untuk membuat contoh cv bahasa inggris?
Yuk, ikuti panduan dan contoh CV bahasa Inggris yang baik dan benar di bawah ini saja!
Panduan Membuat CV Bahasa Inggris yang Baik dan Benar
1. Ketepatan dalam Penggunaan Tata Bahasa di Bahasa Inggris
Salah satu kesulitan yang umum dihadapi orang ketika menulis cv dalam bahasa asing adalah penggunaan tata bahasa yang benar.
Terdapat tiga pola kalimat pada bahasa Inggris, yaitu past tense, present tense, dan future tense.
Dalam CV penggunaan pola kalimat yang kamu gunakan adalah past tense untuk pekerjaan yang sudah pernah kamu lakukan dan present tense untuk pekerjaan yang sedang kamu lakukan.
Jika kamu masih kebingungan ketika menulis CV, kamu dapat mengecek penggunaan bahasa Inggrismu dengan menggunakan aplikasi seperti Grammarly, Grammar Checker, atau Reverso.
2. Penggunaan Ejaan dan Tanda Baca yang Tepat
Ejaan dalam bahasa Inggris tidak jauh berbeda dengan bahasa Indonesia. Pastikan ketika membuat CV bahasa Inggris yang benar kamu menggunakan ejaan dan tanda baca bahasa yang benar.
Untuk mengecek ejaan, kamu dapat melihat katanya di dalam kamus atau meminta bantuan temanmu untuk proofread. Ejaan dan tanda baca yang benar akan membuat kamu tampak lebih profesional dan lebih unggul dibandingkan dengan pelamar lain.
3. Menggunakan Struktur yang Mudah untuk Dibaca
Sama seperti CV pada umumnya, kamu juga harus memastikan apakah layout dan struktur yang kamu gunakan mudah untuk dibaca dan dipahami atau tidak. Layout yang berantakan akan membuat perekrut jadi malas membaca karena sulit untuk membaca daftar riwayat hidup milikmu. Salah satu cara untuk membuat CV bahasa inggris yang benar milikmu mudah dibaca adalah memastikan format dan ukuran font terbaca walau hanya dipandang sekilas.
Pastikan juga tulisan dalam CV singkat, padat, jelas, dan tidak bertele-tele.
4. Memasukkan Data Diri dan Skill yang Relevan
Jangan salah, memasukkan banyak prestasi dan skill dalam CV justru tidak membuatmu lebih menarik, lo! Pastikan kamu hanya menyantumkan skill dan prestasi yang sesuai dengan pekerjaan yang sedang kamu lamar.
Hal tersebut juga berlaku pada data diri, kamu tidak perlu memasukkan seluruh data diri yang kamu miliki dalam curriculum vitae milikmu. Informasi seperti berat badan dan tinggi badan, latar belakang pendidikan dari awal hingga akhir, dan pekerjaan juga organisasi yang tidak relevan tidak perlu kamu cantumkan.
5. Menyantumkan Pengalaman Kerja dan Organisasi yang Sesuai
Pembuatan CV itu harus dibuat singkat, padat, dan jelas. Oleh karena itu, kamu hanya perlu menyantumkan pengalaman kerja dan organisasi yang sesuai saja. Sebagai contoh, untuk melamar menjadi penulis, kamu dapat memasukkan pengalaman kerja sebagai jurnalis kampus, lomba menulis, atau blog pribadimu.
Sementara hal-hal yang tidak relevan, seperti pengalaman bermain piano tidak perlu kamu cantumkan dalam CV.
1. Contoh CV dalam Bahasa Inggris
CURRICULUM VITAE
Personal Details
Name: Agung
Date of Birth: January, 1th, 1995
Gender: Male
Address: Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Indonesia (11123)
Nationality: Indonesian
Phone: (021)1112223
ellphone: 0812-3456-7890
Email: [email protected]
Education Details
2013 – 2017 Computer Engineering Department, Universitas Teknologi Yogyakarta
GPA: 3,80 (Scale 4,00)
Predicate: Cumlaude
Job Experiences
April 2018 – June 2019: Computer Engineering at Griya Komputer, Jakarta
August 2019 – Now: Programmer at YukBelanja.com
Skills
Programming (Java, C++, Android, PHP)
Database (SQL)
Microsoft Office
English (Professional Proficiency)
Basic Computer Assembly (BNSP Certification)
Personality
I have a good attitude, kind, communicative, diligent, tolerant, target-oriented, disciplined, honest, and responsible. This is to state that the above information is true and provided here by me, all in good faith.