Contoh CV Bahasa Inggris. Lengkap dengan Arti dan Panduan Pembuatannya!

Kemampuan untuk berbahasa Inggris sangat penting untuk dimiliki pelamar. Hal tersebut karena sekarang ini sudah ada banyak perusahaan asing yang berdiri di Indonesia.

Dengan menggunakan curriculum vitae atau CV berbahasa Inggris, tentunya kamu menjadi lebih menonjol dibanding pelamar lain dan pastinya dapat memukau para HRD perusahaan.

Membuat CV dalam bahasa asing juga cukup mudah dan dapat dilakukan siapa pun, bahkan yang belum fasih berbahasa asing pun dapat membuatnya!

Siap untuk membuat contoh cv bahasa inggris?

Yuk, ikuti panduan dan contoh CV bahasa Inggris yang baik dan benar di bawah ini saja!

Panduan Membuat CV Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

1. Ketepatan dalam Penggunaan Tata Bahasa di Bahasa Inggris

Salah satu kesulitan yang umum dihadapi orang ketika menulis cv dalam bahasa asing adalah penggunaan tata bahasa yang benar.

Terdapat tiga pola kalimat pada bahasa Inggris, yaitu past tense, present tense, dan future tense.

Dalam CV penggunaan pola kalimat yang kamu gunakan adalah past tense untuk pekerjaan yang sudah pernah kamu lakukan dan present tense untuk pekerjaan yang sedang kamu lakukan.

Jika kamu masih kebingungan ketika menulis CV, kamu dapat mengecek penggunaan bahasa Inggrismu dengan menggunakan aplikasi seperti Grammarly, Grammar Checker, atau Reverso.

2. Penggunaan Ejaan dan Tanda Baca yang Tepat

Ejaan dalam bahasa Inggris tidak jauh berbeda dengan bahasa Indonesia. Pastikan ketika membuat CV bahasa Inggris yang benar kamu menggunakan ejaan dan tanda baca bahasa yang benar.

Untuk mengecek ejaan, kamu dapat melihat katanya di dalam kamus atau meminta bantuan temanmu untuk proofread. Ejaan dan tanda baca yang benar akan membuat kamu tampak lebih profesional dan lebih unggul dibandingkan dengan pelamar lain.

3. Menggunakan Struktur yang Mudah untuk Dibaca

Sama seperti CV pada umumnya, kamu juga harus memastikan apakah layout dan struktur yang kamu gunakan mudah untuk dibaca dan dipahami atau tidak. Layout yang berantakan akan membuat perekrut jadi malas membaca karena sulit untuk membaca daftar riwayat hidup milikmu. Salah satu cara untuk membuat CV bahasa inggris yang benar milikmu mudah dibaca adalah memastikan format dan ukuran font terbaca walau hanya dipandang sekilas.

Pastikan juga tulisan dalam CV singkat, padat, jelas, dan tidak bertele-tele.

4. Memasukkan Data Diri dan Skill yang Relevan

Jangan salah, memasukkan banyak prestasi dan skill dalam CV justru tidak membuatmu lebih menarik, lo! Pastikan kamu hanya menyantumkan skill dan prestasi yang sesuai dengan pekerjaan yang sedang kamu lamar.

Hal tersebut juga berlaku pada data diri, kamu tidak perlu memasukkan seluruh data diri yang kamu miliki dalam curriculum vitae milikmu. Informasi seperti berat badan dan tinggi badan, latar belakang pendidikan dari awal hingga akhir, dan pekerjaan juga organisasi yang tidak relevan tidak perlu kamu cantumkan.

5. Menyantumkan Pengalaman Kerja dan Organisasi yang Sesuai

Pembuatan CV itu harus dibuat singkat, padat, dan jelas. Oleh karena itu, kamu hanya perlu menyantumkan pengalaman kerja dan organisasi yang sesuai saja. Sebagai contoh, untuk melamar menjadi penulis, kamu dapat memasukkan pengalaman kerja sebagai jurnalis kampus, lomba menulis, atau blog pribadimu.

Sementara hal-hal yang tidak relevan, seperti pengalaman bermain piano tidak perlu kamu cantumkan dalam CV.

1. Contoh CV dalam Bahasa Inggris

CURRICULUM VITAE

Personal Details

Name: Agung

Date of Birth: January, 1th, 1995

Gender: Male

Address: Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Indonesia (11123)

Nationality: Indonesian

Phone: (021)1112223

ellphone: 0812-3456-7890

Email: [email protected]

Education Details

2013 – 2017 Computer Engineering Department, Universitas Teknologi Yogyakarta

GPA: 3,80 (Scale 4,00)

Predicate: Cumlaude

Job Experiences

April 2018 – June 2019: Computer Engineering at Griya Komputer, Jakarta

August 2019 – Now: Programmer at YukBelanja.com

Skills

Programming (Java, C++, Android, PHP)

Database (SQL)

Microsoft Office

English (Professional Proficiency)

Basic Computer Assembly (BNSP Certification)

Personality

I have a good attitude, kind, communicative, diligent, tolerant, target-oriented, disciplined, honest, and responsible. This is to state that the above information is true and provided here by me, all in good faith.

SEODigital.co.id (PT. SEO DIGITAL INDONESIA) adalah Agency Digital No#1 di Indonesia yang Bergerak Dibidang: Jasa SEO, Jasa Backlink Media Blogger, Jasa Backlink Media Nasional dan Jasa Press Release Media Nasional.

Contact

PT. SEO Digital Indonesia

NPWP: 43.504.847.5-437.000

Email: [email protected]

WA: 081221080222