Gaji Guru Honorer Padang Jauh dari Layak

Komisi IV DPRD Kota Padang menyatakan, dari kunjungan lapangan yang dilakukan, diketahui bahwa gaji bagi guru honorer di daerah itu masih jauh dari layak untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Wakil Ketua Komisi IV bidang pendidikan DPRD Padang Muharlion di Padang, Jumat, mengatakan, anggota DPRD Padang yang membidangi pendidikan telah melakukan kunjungan lapangan ke Kecamatan Bungus Teluk Kabung, dan dari pertemuan dengan guru di daerah tersebut, ternyata gaji honorer jauh daru mencukupi bagi kebutuhan mereka sehari-hari.

“Kemarin dari hasil kunjungan lapangan ke 19 sekolah dasar yang ada didaerah itu, memang yang menjadi sorotan dan temuan kita adalah masih rendahnya pendapatan guru honorer sedangkan tenaga mereka dibutuhkan untuk memnuhi kebutuhan kurangnya tenaga pendidik didaerah ini, terutama untuk tingkat SD,” kata Muharlion. Dia menambahkan, sebab itu kedepan DPRD Padang akan berbicara dengan Dinas Pendidikan solusi untuk dapat meningkatkan taraf hidup mereka. Menurut anggota DPRD Padang dari Fraksi PKS tersebut, dari hasil pembicaraan dengan guru-guru honorer mereka hanya mendapat penghasilan sekitar Rp250 ribu setiap bulannya. Sangat banyak sekali Loker Sumbar yang mungkin kalian berminat.

Layaknya Gaji Honorer di Padang

Tidak hanya itu, menurutnya, jarak sekolah dengan tempat tinggal guru honorer rata-rata juga memerlukan biaya transportasi yang tidak sesuai dengan penghasilan yang mereka terima, sehingga peningkatan kesejahteraan guru honorer tersebut akan menjadi salah satu agenda yang akan dibahas di lembaga legislatif tersebut dalam waktu dekat. Sehubungan dengan itu, berdasarkan data yang ada di Dinas Pendidikan Kota Padang pada akhir tahun 2012,tenaga honorer yang diperlukan untuk memenuhi kekurangan guru yang ada di Kota Padang mencapai lebih kurang 4.000 orang.

Saat ini dari sekitar 13.000 orang tenaga guru, yang termasuk PNS menurut Disdik Padang baru 8.567 orang, dan selebihnya merupakan tenaga honorer, yang bekerja baik di tingkat sekolah dasar, sekolah tingkat menengah hingga sekolah tingkat atas. Dengan tingginya ketergantungan dunia pendidikan daerah itu terhadap tenaga honorer, agar peningkatan mutu pendidikan juga dapat tercapai, penganggaran untuk kenaikan penghasilan mereka menurut DPRD Padang sudah sepatutnya diperjuangkan. “Kita akan mencari solusi konkrit terkait permasalahan ini, agar mutu pendidikan dapat ditingkatkan, dan sekolah sebagai penghasil generasi penerus bangsa yang handal juga dapat dilahirkan.

Peran sekolah dalam meningkatkan kesejahteraan guru

Institusi pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kesejahteraan guru, salah satunya yaitu dengan memberikan pelatihan pembelajaran hingga sertifikasi profesi. Ditambah lagi dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, para guru dituntut untuk dapat menguasai metode pembelajaran berbasis digital. Oleh karena itu, pentingnya dukungan pihak sekolah agar kegiatan belajar mengajar berjalan optimal.

Namun untuk mendukung penuh para pengajar tentu pihak sekolah membutuhkan dana yang tidak sedikit. Tapi tak perlu khawatir karena kini sudah ada Pintek yang akan memberikan solusi terhadap seluruh permasalahan dana yang dialami oleh lembaga pendidikan.

SEODigital.co.id (PT. SEO DIGITAL INDONESIA) adalah Agency Digital No#1 di Indonesia yang Bergerak Dibidang: Jasa SEO, Jasa Backlink Media Blogger, Jasa Backlink Media Nasional dan Jasa Press Release Media Nasional.

Contact

PT. SEO Digital Indonesia

NPWP: 43.504.847.5-437.000

Email: [email protected]

WA: 081221080222