Inilah Bagaimana Cara Menggunakan Kamera Canon untuk Pemula

Apakah kamu ingin mencoba membidik subjek menggunakan kamera Canon? Jika demikian, informasi tentang cara menggunakan di bagian kamera Canon berikut dapat dijadikan rujukan yang tepat. Sebab, tak sedikit orang yang ingin mengetahui penggunaan kamera produksi Jepang tersebut.

Kamera Canon dikenal sebagai produk yang dilengkapi dengan sensitivitas ISO tinggi. Tak mengherankan jika kamera itu menjadi salah satu opsi bagi para fotografer di antara deretan kamera lainnya.

Namun, beberapa fitur canggih tersebut akan menjadi lebih optimal jika kamu mengetahui cara penggunaannya. Dengan begitu, hasil foto yang kamu ambil menjadi lebih berkualitas dan dapat memukau siapa pun yang melihatnya. Bagaimana caranya? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Bagian Umum Kamera Canon dan Fungsinya

Sebelum beranjak ke penggunaan kamera Canon, ada baiknya jika kamu memahami fungsi tombol yang terdapat di dalamnya. Menyadur laman resmi , berikut bagian umum yang terdapat di kamera Canon beserta fungsinya masing-masing:

Power Switch

Tombol ini merupakan bagian yang pertama kali kamu operasikan saat menggunakan kamera Canon. Tombol Power Switch berfungsi untuk menyalakan ataupun mematikan kamera. Umumnya, tombol ini terletak di samping kanan bagian atas kamera.

Shutter

Bagian umum lainnya, yakni Shutter. Melalui tombol ini, kamu dapat mengambil gambar yang diinginkan.

Aperture

Selain Shutter, tombol Aperture juga memengaruhi hasil bidikan yang kamu ambil. Sebab, Aperture berfungsi mengatur tingkat intensitas cahaya. Umumnya, tombol ini dapat ditemukan pada jenis kamera Canon khusus para pemula. Dengan demikian, kamu lebih mudah mengatur pencahayaan saat akan mengambil gambar.

Command Dial

Fitur Command Dial dapat kamu temukan pada tombol seperti roda yang bisa diputar. Umumnya, fitur itu dapat ditemukan pada jenis kamera DSLR dan memuat tiga pengaturan dasar, seperti diafragma, kecepatan shutter, ISO, dan beberapa jenis pengaturan lainnya.

Cara Menyalakan Camera Canon

Langsung saja ini dia, cara menyalakan camera canon berikut ini:

  1. Aktifkan kamera. Aktifkan kamera dan aturlah pada mode otomatis.
  2. Bidik obyek yang dinginkan. Lensa pembidik atau LCD akan menampilkan objek yang akan Anda potret. Gunakan tombol zoom untuk memperoleh komposisi yang tepat. …
  3. Fokus otomatis. Tempatkan objek yang akan menjadi. …
  4. Bukaan otomatis.

Cara Menggunakan Kamera Canon untuk Pemula

Bagi pemula, menghasilkan foto yang bagus merupakan hal yang tak mudah. Terlebih jika belum terbiasa menggunakan jenis kamera tertentu, termasuk Canon.

Dihimpun dari laman resmi Canon, berikut cara memotret yang bagus dengan kamera Canon bagi pemula. Tips ini dikhususkan untuk mengambil gambar meski jangkauan flash kamera terbatas.

  1. Pastikan Shutter-priority AE mode telah diaktifkan agar mencegah subjek menjadi buram.
  2. Gunakan ISO speed lebih tinggi untuk mengimbangi cahaya flash yang lebih lemah. Sebagai contoh, kamu bisa mengatur kecepatan ISO 800 dan exposure compensation EV+2 sehingga sensor kamera lebih sensitif terhadap cahaya. Dengan begitu, hasil foto akan terlihat lebih cerah dan berseri.

Selain kondisi yang membuat jangkauan flash terbatas, kamu tetap bisa mengambil gambar dengan pencahayaan alami meski melalui jarak yang jauh. Caranya dengan menerapkan beberapa tips berikut:

  1. Gunakan reflektor untuk memantulkan flash.
  2. Pastikan kecepatan ISO tinggi, yakni di angka 800. Bila perlu, tambah dengan exposure compensation ke EV+1,3 dan flash compensation ke EV+2.

Tips di atas bisa kamu terapkan pada kamera Canon EOS 600D dan Canon EOS 7D. Itulah cara menggunakan kamera Canon dan informasi seputarnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

SEODigital.co.id (PT. SEO DIGITAL INDONESIA) adalah Agency Digital No#1 di Indonesia yang Bergerak Dibidang: Jasa SEO, Jasa Backlink Media Blogger, Jasa Backlink Media Nasional dan Jasa Press Release Media Nasional.

Contact

PT. SEO Digital Indonesia

NPWP: 43.504.847.5-437.000

Email: [email protected]

WA: 081221080222