Select Page

Dalam dunia internet, sudah pasti Anda tidak asing lagi dengan kata domain. Karena pada saat Anda melakukan browsing di internet dan mengunjungi sebuah situs, Anda dapat melihat domain situs tersebut melalui address bar browser.

Domain merupakan sebuah nama yang diberikan terhadap suatu host agar lebih mudah untuk dikenali dan diingat oleh banyak orang. Host yang dimaksud disini adalah sebuah website, yang tentu saja harus memiliki domain apabila ingin dipublikasikan.

Apabila sebuah situs tidak memiliki nama domain, maka setiap pengunjung haruslah mengetikan ip address yang tentu saja sulit untuk dihafal. Hal ini tidak jauh berbeda ketika Anda memasuki deepweb yang menggunakan domain union.

Mengenal Apa itu Domain:

Pengertian Domain

Domain adalah sebuah alamat yang digunakan untuk mengenali sebuah situs yang sebelumnya hanya terdiri dari ip address. Fungsi ip address sendiri adalah sebagai alamat suatu host agar dikenali dan dapat saling terhubung satu sama lain.

Namun ip address tidak mudah untuk dihafal, oleh karena itu dibuatlah domain agar situs tersebut dapat lebih mudah untuk dikenali. Mudahnya Anda bisa mengganggap domain sebagai alamat dari sebuah rumah.

Cara Kerja Domain

Saat Anda mengunjungi sebuah situs misalnya https://www.facebook.com, DNS akan bekerja untuk mengarahkan Anda ke hosting yang menyimpan domain tersebut. Hosting tersebutlah yang menyimpan data dalam situs Anda, yang dapat dikunjungi melalui nama domain.

Macam-Macam Domain:

  1. Top Level Domain

Top Level Domain atau yang biasa disingkat menjadi domain TLD adalah sebuah ekstensi yang berada di akhir nama domain. Misalnya pada domain facebook.com, TLD dari domain tersebut adalah .com.

Domain TLD dibagi menjadi 2 macam, yaitu gTLD (Global Top Level Domain) dan ccTLD (Country Code Level Domain). gTLD mencakup pada domain-domain umum yang sering digunakan seperti .com, .net, .org dan .gov.

Sedangkan ccTLD adalah domain yang mewakili suatu negara tertentu, seperti ac.id, co.id, web.id dan gov.id. Untuk mendapatkan domain id tersebut, Anda bisa membelinya melalui Jasa Domain.co.id.

  1. Second Level Domain

Sama halnya dengan TLD, Second Level Domain juga sering disingkat menjadi SLD. Jika domain TLD adalah bagian ekstensi akhir dalam sebuah domain, maka Second Level Domain adalah awalan yang merujuk kepada sebuah domain. Jika kita mengambil contoh pada domain facebook.com maka Second Level Domain yang dimaksud adalah facebook.

  1. Third Level Domain

Third Level Domain adalah domain yang terletak sebelum SLD & TLD, oleh karena itu Third Level Domain sering disebut sebagai subdomain. Jika kita mengambil contoh dari id-id.facebook.com, maka id-id yang terletak diawal domain tersebutlah yang dapat dikatakan sebagai subdomain.

Tips Memilih Nama Domain

Dalam memilih sebuah nama domain, Anda tidak boleh menentukannya secara asal. Karena domain adalah identitas situs yang juga dapat digunakan sebagai branding awareness. Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut untuk memilih sebuah nama domain.

  1. Jangan Menggunakan Domain Gratis

Ini adalah salah satu hal yang wajib untuk dihindari apabila Anda serius dalam membangun sebuah situs, apalagi situs professional. Walaupun domain tersebut gratis, tetapi pada kenyataannya domain gratisan tidaklah professional.

Selain itu, biasanya domain gratis juga hanya berlaku pada tahun pertama dan lagi banyak sekali situs spam yang menggunakan domain gratisan. Hal inilah yang akan membuat citra buruk terhadap situs Anda apabila menggunakan domain gratis.

  1. Mudah Diingat & Diketik

Dalam membuat sebuah nama domain, tentu saja Anda harus menggunakan nama yang mudah diingat dan diketik orang lain. Jika tidak, untuk apa Anda memakai domain pada situs Anda? Karena penggunaan nama yang susah adalah melenceng dari fungsi domain itu sendiri.

  1. Jangan Terlalu Panjang

Jangan terlalu panjang dalam memilih nama domain, karena pada dasarnya nama yang pendek akan lebih mudah diingat oleh orang lain. Untuk itu, gunakanlah kreativitas Anda dalam menentukan sebuah nama domain yang bagus.

1
Hallo,

Ada yang bisa Kami Bantu?
Powered by