Jasa Press Release Termurah dan Berkualitas Hanya 100 Ribuan

Jasa press release adalah komponen penting yang harus diketahui oleh setiap perusahaan. Meskipun tidak menguntungkan secara langsung akan tetapi press release berguna bagi perusahaan dalam jangka waktu yang panjang. Butuh keahlian khusus untuk memahami press release, maka dari itu tidak sembarangan memberi narasi peristiwa kepada media.

Siaran pers atau rilis berita adalah salah satu materi komunikasi paling umum yang ditulis oleh para profesional humas. Siaran pers dikirim ke media seperti surat kabar, stasiun penyiaran, dan majalah untuk menyampaikan pesan strategis dari sebuah organisasi yang idealnya akan diterbitkan atau disiarkan oleh media. Audiens utama siaran pers adalah reporter dan editor, meskipun beberapa organisasi menerbitkan siaran pers di situs web mereka sendiri agar dapat dilihat oleh audiens. Ini mungkin dilakukan karena staf ruang redaksi menyusut dan sumber daya yang tidak memadai untuk mengembangkan konten asli.

Jurnalis menggunakan siaran pers sebagai alat pelaporan, mengandalkan siaran pers untuk memberikan informasi penting sehingga memudahkan mereka untuk meliput berbagai peristiwa. Dengan meningkatnya saluran media dan permintaan konten sosial, beberapa orang memandang siaran pers sebagai cara yang tidak menarik untuk mendistribusikan informasi dan terhubung dengan khalayak (Galant, 2014).

Meskipun kemunculan media digital mengubah banyak pola komunikasi profesional humas, bukan berarti siaran pers berhenti begitu saja. Ada langkah-langkah dan strategi penting untuk membuat press release meluas dan semakin dikenal. Begitu banyak cara yang bisa ditempuh agar produk perusahaan semakin dikenal masyarakat dan berdampak baik bagi kelangsungan sebuah usaha.

Jika Anda memikirkan tentang strategi hubungan masyarakat untuk bisnis Anda, press release adalah salah satu yang terpenting. Siaran pers adalah komunikasi tertulis yang melaporkan informasi spesifik namun singkat tentang suatu peristiwa, keadaan, peluncuran produk, atau kejadian lainnya. Ini biasanya terkait dengan bisnis atau organisasi dan diberikan ke media melalui berbagai cara.

Mengeluarkan siaran pers tidak berarti media akan secara otomatis menjalankannya. Outlet media akan menanyakan pertanyaan yang sama seperti yang selalu mereka lakukan: Apakah itu menarik minat pembacanya? Apakah itu menguntungkan komunitas dalam beberapa hal? Anda juga harus mempertimbangkan outlet lain yang mungkin menerima siaran pers Anda. Jika Anda beruntung, blogger, twitter, dan lainnya di media sosial mungkin menganggapnya layak untuk dipromosikan di jejaring sosial mereka. Sayangnya tidak semua orang memiliki keahlian ini.

Sejarah Siaran Pers

Sebelum mendiskusikan lebih jauh tentang press release, tak ada salahnya memahami sejarah siaran pers. Istilah manajemen berita ini pertama kali digunakan pada tahun 1955 oleh seorang jurnalis bernama James Reston dalam kesaksian di hadapan komite kongres AS tentang informasi pemerintah. Tetapi dapat dikatakan bahwa press release sebenarnya dimulai sejak 1919 pada konferensi perdamaian di Paris. Adapula antropolog dan ahli sejarah yang menemukan bahwa press release ditemukan pada tahun 1880. Saat itu cukup umum bagi anggota Kongres AS untuk mampir ke Newspaper Row, yang terletak di 14th Street antara Pennsylvania Avenue dan F Street di Washington D.C., dengan informasi yang tidak begitu penting karena terlalu narsis untuk seorang pejabat untuk menulis diri mereka sendiri di sebuah surat kabar. Tujuan mereka adalah untuk menyediakan dan mengelola berita. Banyak yang melangkah lebih jauh dengan mewawancarai diri mereka sendiri (Schudson 1978: 20).

Sementara itu jauh di dunia modern begitu banyak perusahaan dan organisasi serta individu telah menyadari bahwa mereka tidak perlu menunggu media untuk menghubungi. Justru perusahaan harus lebih aktif menghubungi media sebagai wujud kerja sama. Menunggu meida datang justru mengundang sindiran dan rumor yang disebarkan oleh para analis berita yang tidak tahu permasalahan perusahaan. Hal ini justru membuat citra perusahaan semakin buruk.

Tujuan dari Siaran Pers

Tujuan utama semua siaran pers adalah untuk mempromosikan sesuatu yang signifikan dan spesifik, dan melakukannya dengan jelas. Di luar itu, siaran pers adalah dokumen yang mengikuti format ketat dan melayani tiga tujuan pemasaran dan promosi:

  • Memberi tahu media tentang suatu acara dengan harapan mereka akan menyebarkan berita.
  • Untuk berbagi sesuatu tentang bisnis Anda, berharap seorang reporter akan melihat berita di siaran pers Anda dan menulis artikel berita yang sebenarnya tentang itu.
  • Untuk mempromosikan penampilan bisnis Anda di internet melalui blog, situs web, dan jejaring sosial.
  • Ada perdebatan tentang apakah pendekatan terakhir itu benar-benar cocok dengan siaran pers, atau apakah istilah “rilis berita” adalah istilah yang lebih tepat. Bagaimanapun, media sosial menyajikan jalur yang lebih langsung ke pelanggan Anda daripada outlet media tradisional.

Tips Menulis Siaran Pers

Siaran pers biasanya dimulai dengan nama kota asalnya dan tanggal saat ini. Paling tidak harus menyertakan judul yang menarik perhatian. Selalu tulis sebagai orang ketiga, bagikan informasi memukau dari sudut pandang orang luar (seperti yang dilakukan media).

Jika informasi Anda tidak memukau, mundur selangkah. Mungkin ada sesuatu yang bisa Anda tambahkan ke acara atau pengumuman Anda yang akan membuatnya lebih menarik. Tentu saja, “sesuatu” itu harus terjadi. Anda tidak dapat menyebutkan bahwa selebriti A-list akan muncul ketika Anda tahu betul bahwa mereka tidak akan melakukannya. Menghubungkan siaran pers Anda dengan tren terkini atau kejadian tepat waktu dalam berita juga dapat menarik perhatian.

Hindari kata-kata yang kering dan kaku. Anda tidak ingin kehilangan pembaca dengan kalimat pertama. Intinya adalah jika acara Anda membosankan, siaran pers Anda mungkin juga menarik. Dan jika itu masalahnya, mengapa ada media yang ingin mengejar berita tersebut?

Siaran pers seharusnya tidak hanya sekedar pembacaan fakta. Siaran pers yang efektif selalu menggunakan kutipan dari seseorang yang penting bagi perusahaan atau acara — seorang eksekutif perusahaan atau perwakilan dari badan amal yang mendapat manfaat dari acara tersebut, misalnya. Tetapi kutipan dalam siaran pers jarang merupakan terjemahan kata demi kata dari apa yang sebenarnya dikatakan seseorang. Sebaliknya, mereka biasanya merupakan versi ideal dari pernyataan — apa yang seharusnya dikatakan orang itu — yang mendorong agenda siaran pers. Mereka bertindak sebagai alat retoris untuk menaikkan tingkat minat.

Siaran Pers dan Pemasaran

Siaran pers bukanlah alat pemasaran yang bisa menjamin keuntungan penjualan. Publisitas yang sukses bergantung pada upaya yang berkelanjutan, dan siaran pers adalah bagian penting dari strategi PR Anda. Teruslah mencari cara untuk membuat siaran pers Anda menonjol, dan Anda pasti akan mendapatkan liputan.

Apa Siaran Pers Online itu?

Menulis siaran pers yang efektif, dan mendistribusikannya secara online tepat waktu dan efektif, mewakili alat komunikasi tercepat dan paling banyak digunakan untuk meningkatkan citra dan reputasi perusahaan, individu, dan proyek. Siaran pers dapat meningkatkan visibilitas online orang dan entitas perusahaan dengan menjalin hubungan positif dengan jurnalis, editor, dan outlet media.

Mengapa Orang dan Merek harus Menggunakan Siaran Pers Online?

Pesan yang kuat dapat berfungsi untuk meningkatkan profil publik perusahaan, merek, orang, dan proyek. Membuat konten yang layak diberitakan dengan memasukkan produk dan layanan ke dalam berita yang relevan dapat meningkatkan nilai merek di antara audiens target tertentu. Ini merupakan komponen inti dari PR digital dan strategi pemasaran konten.

Dengan tujuan untuk mencapai perspektif baru tentang pentingnya PR online, penting untuk memeriksa konsep “newsjacking,” yang terpilih sebagai salah satu “kata-kata tahun ini” oleh Oxford Dictionary pada tahun 2017. Newsjacking adalah prosesnya untuk mendapatkan keuntungan dari item berita yang sedang tren dan populer untuk memaksimalkan liputan media tentang subjek tertentu.

Ketika dilakukan dengan benar, pembajakan berita dapat mendukung strategi pemasaran konten yang bertujuan untuk meningkatkan reputasi merek, mengarahkan lalu lintas yang sangat bertarget, membantu pengoptimalan mesin telusur (SEO), menarik pelanggan baru, memberikan sudut pandang baru untuk ide konten bermerek, dan memimpin pasar dalam hal kepemimpinan pemikiran.

Dalam hal ini, mendistribusikan siaran pers yang ditulis dengan baik (juga disebut sebagai rilis berita), yang biasanya dilakukan melalui layanan distribusi siaran pers, merupakan alat hubungan masyarakat yang sangat berharga. Hal ini memungkinkan individu dan perusahaan, melalui penggunaan saluran media online dan platform media sosial yang bijaksana, untuk menyebarkan berita penting tentang diri mereka sendiri serta produk dan layanan mereka.

Dalam lingkup apa yang disebut sebagai “teori arus dua langkah komunikasi,” agensi PR dapat meningkatkan kesadaran tentang orang, merek, proyek, dan acara di antara anggota pers – dan publik yang lebih luas – dengan mendistribusikan konten layak berita yang secara khusus disesuaikan untuk menarik perhatian pembaca.

Ketika agensi PR digital menulis siaran pers dan mendistribusikannya ke media berita dan saluran online lainnya, Anda dan merek Anda akan menikmati liputan media yang lebih besar, meningkatkan jangkauan online Anda, dan memperkuat strategi pemasaran konten Anda.

Selain memperdalam hubungan Anda dengan media, siaran pers yang ditulis dengan baik dan tepat waktu juga menawarkan banyak keuntungan lain. Misalnya, ia menciptakan persepsi publik yang positif tentang subjek rilis berita dengan memperkenalkan nilai-nilai perusahaannya kepada publik.

Publikasi siaran pers, berita khusus dan wawancara di berbagai publikasi online memungkinkan individu dan lembaga menjangkau khalayak sasaran pada waktu dan tempat yang tepat. Sementara siaran pers online mirip dengan siaran pers tradisional dalam hal desain dan konten, mereka berbeda dari yang terakhir dalam hal pengoptimalan mesin pencari dan media online yang mereka andalkan untuk menyampaikan pesan mereka.

Perbedaan ini berasal dari fakta bahwa siaran pers online terutama mengandalkan platform digital, termasuk media sosial dan saluran online lainnya. Saat ini, orang menghabiskan lebih banyak waktu di Internet untuk mengikuti agenda berita global, selain mengikuti berita lebih dekat ke rumah. Sebagai hasil dari tren ini, cara yang disukai untuk mengikuti perkembangan terkini bergeser dari platform media tradisional ke media online.

Menurut Reuters Journalism Research Institute di Oxford University, publikasi online lebih disukai daripada sumber berita tradisional oleh 85 persen pengguna Internet Turki. Terlebih lagi, siaran pers online yang dipublikasikan di media digital (termasuk media sosial) meningkatkan citra dan reputasi perusahaan yang menggunakannya. Ini sebagian besar karena siaran pers tetap online selama bertahun-tahun dan mudah diakses oleh mesin pencari.

Aksesibilitas yang mudah oleh mesin pencari ini berfungsi untuk memberikan kontribusi positif pada nilai merek di antara audiens target, konsumen potensial, dan publik global pada umumnya.

Menulis Siaran Pers Online

Konsep siaran pers online tidak sepenuhnya berbeda dari siaran pers tradisional, dan aturan penulisan siaran pers yang efektif juga berlaku untuk siaran pers online. Dalam kedua kasus tersebut, perhatian harus diberikan untuk menjawab pertanyaan 5W1H (siapa, apa, di mana, kapan, mengapa dan bagaimana). Perbedaan utamanya adalah bahwa siaran pers online harus ditulis dengan memperhatikan algoritma google, dan dengan penggunaan teknik pengoptimalan yang dikenal dengan SEO.

Manfaat Menulis, Mendistribusikan Siaran Pers Online

1) Siaran pers online biasanya memiliki struktur yang dinamis, ramah pengguna, dan ekonomis, terutama jika disiapkan oleh agensi PR online yang berpengalaman. Layanan komunikasi pers profesional dapat meningkatkan citra dan reputasi merek dengan memanfaatkan saluran online yang paling berpengaruh.

2) Siaran pers online memungkinkan Anda meningkatkan visibilitas merek Anda melalui saluran online yang paling sesuai untuk audiens target Anda. Mereka juga membuat Anda tetap berhubungan secara teratur dengan kantor berita dan outlet media lainnya, dan dapat menghubungkan Anda dengan pengguna akhir.

3) Siaran pers online memungkinkan Anda mendapatkan keuntungan dari keuntungan ekonomi yang diberikan oleh platform digital dengan menawarkan solusi dan paket yang sangat hemat biaya.

4) Siaran pers online meningkatkan visibilitas merek Anda dengan memanfaatkan teknik pengoptimalan mesin telusur yang efektif. Siaran pers biasanya dapat diakses secara online, meskipun diterbitkan beberapa tahun yang lalu.

5) Siaran pers online memberikan peluang untuk mengembangkan strategi pemasaran konten yang disesuaikan secara khusus melalui penggunaan sistem pelaporan lanjutan. Sistem ini menyediakan laporan terperinci – lengkap dengan tabel dan grafik – tentang semua liputan media online yang berhasil dikumpulkan oleh rilis pers Anda.

Kesimpulan

Sederhananya, layanan distribusi siaran pers adalah layanan yang mendistribusikan press release tentang merek kliennya (bersama dengan produk dan layanannya masing-masing) kepada khalayak sasaran tertentu dan masyarakat pada umumnya. Agen hubungan masyarakat, baik tradisional maupun generasi baru, menyebarkan siaran pers ini kepada wartawan, editor, dan kantor berita, selain ke berbagai outlet media online dan cetak.

Saat mengirimkan siaran pers ini, layanan distribusi harus terlebih dahulu memilih jurnalis dan editor yang secara populer dianggap sebagai ‘pemberi pengaruh’. Dalam hal ini, distribusi siaran pers, dan pilihan kepada siapa siaran tersebut harus didistribusikan, tidak kalah pentingnya dengan isinya atau seberapa baik penulisannya.

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Memilih Jasa Press Release

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh perusahaan yang ingin mengenalkan dan mempromosikan merek mereka adalah memilih jasa press release yang tepat berdasarkan anggaran dan keadaan khusus mereka. Pertama, perusahaan harus mengingat sudah berapa lama jasa press release yang prospektif telah aktif di sektor tersebut; pengalaman keseluruhan stafnya; perusahaan tempat mereka bekerja sebelumnya; dan apa yang klien sebelumnya katakan tentang itu.

Oleh karena itu, ketika mempertimbangkan jasa press release harus mampu meninjau sejumlah rilis pers sebelumnya, bersama dengan contoh laporan backlink kepada klien. Juga, periksa untuk melihat apakah siaran persnya singkat dan ditulis dengan baik dan apakah jasa press release sering memposting siaran pers baru di situs web perusahaannya.

Harga Jasa Press Release Media Online Kami:

Anda dapat memilih Paket sesuai Budget, dapatkan Diskon 50% Khusus Bulan ini, hubungi Kami di WA: 081221080222:

Paket Silver Paket Gold Paket Platinum
–  50 Web – 100 Web – 200 Web
– Sekali Bayar – Sekali Bayar – Sekali Bayar
– Menaikkan Rangking – Menaikkan Rangking – Menaikkan Rangking
– Menaikkan Brand – Menaikkan Brand – Menaikkan Brand
– Metode Aman – Metode Aman – Metode Aman
Harga Harga Harga
15 Juta 30 Juta 60 Juta
Pesan Sekarang Pesan Sekarang Pesan Sekarang

SEODigital.co.id adalah Agency Digital Indonesia yang Bergerak Dibidang: Jasa SEO, Jasa Backlink, Jasa Content Placement, Jasa Press Release dan Jasa Penulis Artikel.

Contact

PT. SEO Digital Indonesia

Indramayu Jabar Indonesia

Email: [email protected]

WA: 081221080222