Jenis Musik ini Gambarkan Keberagaman Budaya Indonesia

Negara kita Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar yang ada di dunia. Kekayaan alamnya juga tidak perlu untuk diragukan lagi, di mulai dari sumber hasil daya alam darat bahkan sampai lautnya bisa dinikmati oleh semua masyarakat Indonesia. Begitu juga dengan keanekaragaman dari budayanya, setiap daerah di tanah air ini mempunyai ciri khas setiap sisi kehidupan mereka masing-masing.

Tentunya kalian harus merasa sangat beruntung bisa tinggal di Indonesia. Kalian bisa mencicipi banyak sekali hidangan dari berbagai daerah yang tentunya sangat beragam, menyaksikan keunikan dari budayanya, sampai menikmati setiap musik tradisional yang berasal dari berbagai daerah. Bukan hanya memiliki budaya serta hidangannya yang beragam saja, tetapi daerah-daerah di Indonesia juga mempunyai musik tradisional mereka sendiri.

Setiap musik tradisional mereka masing-masing pastinya mempunyai ciri khasnya tersendiri. Dan tidak jarang pula musik ini akan bisa mewakili tentang bagaimana suasana yang sedang terjadi di daerah tersebut. Meskipun terbilang tradisional, keunikan dan kekasan dari musik tradisional ini tidak dipunyai oleh musik modern yang saat ini sudah ada banyak sekali.

Jenis Musik Tradisional

Keroncong – Jakarta

Jenis musik keroncong merupakan sebuah warisan atau pengaruh dari para bangsa Portugis. Tetapi, para pemusik yang ada di Indonesia mereka kemudian mengembangkan kembali musik ini dengan memasukkan beberapa unsur dari alat musik tradisional misalnya seperti gamelan, dan kemudian jadilah sebuah langgam Jawa.

Gambang Kromong – Betawi

Pada awalnya salah satu jenis musik tradisional ini yaitu gambang kromong menggunakan sebuah nada pentatonis atau lima nada dan juga alat-alat musik yang berasal dari Tiongkok. Akan tetapi, saat ini musik tradisional sudah semakin berkembang dengan melibatkan sebuah unsur alat musik yang modern. Lagu-lagunya pun memiliki lirik yang bersifat jenaka, dinyanyikan oleh sepasang lelaki dan juga wanita.

Karang Dodou – Kalimantan Timur

Jenis musik tradisional karang dodou ini biasanya digunakan untuk upacara adat seperti saat kelahiran, untuk bisa mengiringi pembacaan dari mantra-mantra ketika proses pemberian nama untuk bayi.

Gong Luang – Bali

Jenis musik Gong luang ini cukup mirip dengan jenis musik tradisional gendhing Jawa, karena memang jenis dari alat dan juga nada dari suaranya itu hampir mirip walaupun tidak sama 100%. Cita rasa dari gong luang ini jauh lebih meriah jika dibandingkan dengan gendhing Jawa.

Huda – Minangkabau

Musik tradisional yang satu ini memiliki nuansa yang unik serta Islami, karena memang musik ini terdiri dari tiga jenis yang sama tetapi berlainan termasuk juga yang ada di dalamnya yaitu Salaulaik Dulang. Kata Salaulaik sendiri merupakan sebuah musik asli dari Tanah Minang.

Angklung Buhun – Jawa Barat

Angklung buhun ini termasuk ke dalam jenis musik tradisional yang digunakan untuk tradisi dari masyarakat Baduy yang dimainkan untuk bisa mengiringi sebuah tarian untuk musim tanam.

Cilokak – Lombok

Jenis musik tradisional yang satu ini menggunakan sebuah alat musik yang seperti biola, drum, gambus, seruling dan masih banyak lagi.

Kombi – Papua

Dengan menggunakan sebuah bambu yang sudah berlubang kemudian diberi sebuah tali dari sayatan rotan, jenis musik tradisional yang satu ini juga memiliki suara gendang. Jika katanya diartikan yaitu berarti alat musik petik, tetapi cara untuk memainkannya dengan menggunakan rotan yang ditepuk. Biasanya musik tradisional ini sering digunakan untuk acara hiburan dan juga upacara adat.

SEODigital.co.id (PT. SEO DIGITAL INDONESIA) adalah Agency Digital Indonesia yang Bergerak Dibidang: Jasa SEO, Jasa Backlink, Jasa Blogroll, Jasa Content Placement, Jasa Press Release Media Nasional dan Jasa Penulis Artikel.

Contact

PT. SEO Digital Indonesia

NPWP: 43.504.847.5-437.000

Email: [email protected]

WA: 081221080222