Keuntungan Menyimpan Data Website dengan Teknologi Cloud

Ketika memiliki sebuah situs website, kamu wajib melindungi file atau data-data yang ada dengan menggunakan pendekatan multi-cabang dan teknologi khusus seperti cloud. Lalu, apa itu teknologi cloud? Agar lebih paham, simak penjelasan lengkap tentang pengertian hingga keuntungan menggunakan teknologi cloud berikut ini, yuk. 

Apa itu teknologi cloud?

Cloud adalah sebuah infrastruktur, platform, atau perangkat lunak yang di-host oleh penyedia layanan web hosting untuk dapat digunakan user melalui internet.

Layanan cloud memberikan fasilitas kepada pengguna server agar bisa memindahkan data ke sistem penyedia melalui internet. 

Pengguna dapat mengakses layanan cloud dengan komputer, sistem operasi, dan konektivitas internet atau jaringan pribadi virtual (VPN). Kamu juga bisa gunakan cloud VPS Indonesia di DomaiNesia. 

Awalnya teknologi ini hanya untuk penggunaan pribadi, namun penyimpanan yang disediakan oleh cloud ternyata juga bisa dipakai dalam berbagai kegiatan bisnis. 

Banyak bisnis dapat memperoleh manfaat dari layanan cloud yang komprehensif yaitu seperti kebutuhan penyimpanan data website. 

Keuntungan menggunakan teknologi cloud

Layanan cloud menyimpan seluruh file website di pusat data yang sangat aman. Hal ini tentunya akan membebaskan kamu dari kewajiban untuk memelihara server, memperbarui perangkat lunak, dan memastikan bahwa perangkat keras berfungsi dengan benar. 

Saat memilih penyedia layanan cloud yang berkualitas, otomatis kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan berikut:

1. Data tersimpan aman saat terjadi hal-hal tidak terduga 

Cloud mampu menyimpan file dan data dengan aman apabila terjadi hal-hal tak terduga seperti bencana alam. 

File dan data website yang kamu miliki masih dapat tersimpan dengan aman karena diletakkan di pusat data atau di beberapa lokasi di situs pemulihan bencana. 

Dengan menyimpan data di cloud, kamu bisa mengakses seluruh informasi dari mana saja. Hal ini pun juga berlaku ketika laptop rusak atau dicuri, kamu tetap bisa mengaksesnya karena sudah tersimpan dengan aman di dalam cloud. 

2. Dapat melakukan redundansi

Selanjutnya adalah redundansi di mana penyedia layanan yang berkualitas biasanya akan memiliki beberapa pusat data. 

Tujuannya untuk menyediakan lokasi opsional yang berlebih dan memastikan data perusahaan dapat diakses kapan saja dan di mana saja saat kamu membutuhkannya. 

Cara ini melindungi atau menghindari kemungkinan data website disusupi oleh peretas. Jadi, ketika ada hal tidak terduga seperti bencana alam atau gangguan dari peretas, kamu tetap memiliki cadangan data di beberapa lokasi yang siap untuk diakses. 

3. Enkripsi

Saat mentransfer informasi pribadi, seperti kartu kredit atau detail klien pribadi, titik paling kritis adalah koneksi internet antara sistem komputer dan cloud. 

Jika mengenkripsi informasi sebelum mengirimkannya, kamu dapat mencegah orang lain untuk meretas data tersebut. 

Dengan enkripsi, kamu dapat mengambil langkah pertama dalam memastikan sikap keamanan yang kuat dan melindungi data perusahaan.

4. Dapat membantu melakukan manajemen perkantoran

Perangkat lunak seperti penggunaan cloud di kantor merupakan bagian penting untuk menyimpan data-data website. 

Cloud ini juga dapat diakses dimanapun dengan  internet, sehingga memudahkan karyawan untuk bekerja dari jarak jauh. 

5. Dapat membantu melakukan manajemen informasi

Karyawan dapat memperoleh informasi klien dan kasus dengan mudah melalui cloud. Kamu bahkan dapat mengatur tingkat akses, sehingga informasi hanya tersedia untuk pihak yang berkepentingan dan menghapus saja. 

6. Adanya peningkatan sistem keamanan 

Daripada harus menambah perangkat keras, kamu bisa menggunakan penyimpanan cloud saja agar file penting sebuah situs website bisa ditempatkan di pusat data. 

Dengan penggunaan cloud ini juga dapat memberikan kamu keamanan tingkat perusahaan. Artinya jika salah satu server crash, data kamu tetap aman karena disimpan di lokasi lain. 

7. Memiliki peluang mobilitas

Manfaat mobilitas yang disediakan oleh cloud meningkat pesat untuk bisnis dari semua bidang. Di dunia konektivitas saat ini, kamu sendiri bisa mengakses data-data kapanpun dan dimanapun. 

Sebelum adanya penyimpanan data menggunakan teknologi cloud, seringkali bekerja di luar kantor sulit dilakukan karena dapat menimbulkan beberapa bermasalah dan memakan lebih banyak waktu daripada yang seharusnya. 

Itulah beberapa keuntungan menyimpan data website menggunakan teknologi cloud. Selain lebih terjamin keamanannya, kamu juga memiliki backup data ketika terjadi hal-hal tidak terduga, bisa bekerja dari jarak jauh hingga sudah terenkripsi. 

SEODigital.co.id (PT. SEO DIGITAL INDONESIA) adalah Agency Digital Indonesia yang Bergerak Dibidang: Jasa SEO, Jasa Backlink, Jasa Blogroll, Jasa Content Placement, Jasa Press Release Media Nasional dan Jasa Penulis Artikel.

Contact

PT. SEO Digital Indonesia

NPWP: 43.504.847.5-437.000

Email: [email protected]

WA: 081221080222