Konsultan Perpajakan: Pengertian, Layanan dan Manfaatnya

Tumbuhnya banyak pengusaha kena pajak (PKP) merupakan salah satu bukti pertumbuhan ekonomi yang bagus untuk suatu Negara. Namun, terkadang diantara pengusaha itu banyak yang tidak tahu prosedur pembayaran pajak, besaran pajak yang harus dibayar sehingga mengharuskan untuk berkonsultasi dengan konsultan perpajakan.

Semakin meningkatnya jumlah pengusaha di Indonesia merupakan wajah baru di bidang ekonomi, yang menandakan perekonomian semakin baik. Sayangnya, hal tersebut tidak sebanding dengan pengetahuan mereka akan perhitungan jumlah pajak yang harus dibayar. 

Berdasarkan hal tersebut, konsultan perpajakan memiliki andil yang cukup besar untuk membantu mereka yang masih bingung dengan jumlah perpajakan yang harus dibayar. Beberapa persyaratan dan kewajiban pengusaha kena pajak yang wajib diketahui. 

Konsultan perpajakan adalah seseorang yang berprofesi untuk memberikan jasa konsultan pajak Jakarta mengenai perpajakan, perhitungan pajak, dan tata caranya kepada wajib pajak perorangan atau badan usaha. 

Negara sangat terbantu dengan adanya profesi ini, dikarenakan para wajib pajak tersebut mengetahui kesadaran akan kewajibannya untuk membayar pajak, yang bersifat mengikat dan wajib untuk dilakukan tersebut. Pajak merupakan penyumbang devisa negara terbanyak bagi negara, oleh sebab itu, negara sangat memperhatikan hal tersebut. 

Tugas dan Layanan Konsultan Pajak. 

Berdasarkan uraian tersebut, bisa diambil kesimpulan bahwa seorang konsultan perpajakan bertugas untuk memberikan jasa konsultasi mengenai perpajakan. Tugas tersebut meliputi layanan yang diberikan, antara lain :

1. Mengajak Klien Senantiasa untuk Patuh Terhadap Pajak 

Dengan adanya jasa konsultan perpajakan secara tidak langsung, turut serta mendisiplinkan klien agar patuh dalam membayar pajak. Klien yang tidak patuh, biasanya diawali dengan ketidaktahuan atau awam mengenai prosedur perpajakan. Dengan demikian, sudah menjadi tugas seorang konsultan untuk memberitahukan prosedur yang benar. 

2. Membantu Menghitung Rencana Pajak yang Harus Dibayar 

Klien yang termasuk pengusaha kena pajak, memiliki perencanaan perhitungan pajak dalam usahanya. Termasuk jenis pajak yang diberlakukannya. Oleh sebab itu, seorang konsultan bertugas membantu menghitung perencanaan pajak yang harus dibayar. 

3. Membantu Memeriksa Laporan Pajak 

Konsultan perpajakan membantu memeriksa laporan pajak yang telah dibayar oleh klien. Prosedur yang benar, serta evaluasi atas besaran pajak yang telah dilaporkan. Hal tersebut penting untuk dilakukan, guna meminimalisir kesalahan laporan.

Manfaat Konsultan Pajak 

1. Efisiensi Biaya Operasional

Menggunakan jasa konsultan perpajakan akan lebih efisien dalam menggunakan biaya operasional. Biaya operasional kerap berlaku pada karyawan yang mengurus administrasi, termasuk diantaranya Menghitung perpajakan. Hal tersebut tentunya akan lebih mahal, karena harus mengeluarkan gaji setiap bulannya. 

2. Efektif dalam Perhitungan Pajak 

Seorang konsultan telah terlatih untuk menghitung pajak dan melakukan setiap prosedurnya. Dengan demikian, lebih efektif dalam menghitung pajak, karena dapat meminimalisir resiko kesalahan perhitungan pajak. Termasuk diantaranya, melakukan pendampingan. 

3. Fokus Terhadap Bisnis Perusahaan 

Sebagai seorang pengusaha, tentunya harus fokus pada bisnis perusahaan. Dengan demikian, pengusaha bisa lebih fokus terhadap bisnis perusahaan, karena untuk mengurus pajak sudah ditangani oleh ahlinya. Konsultan yang ahli dalam perpajakan lebih mudah untuk menyelesaikan perpajakan.

4. Permasalahan Perpajakan Dapat Teratasi 

Terkadang dalam pembayaran pajak sering menghadapi kendala. Dengan menyerahkan tugas pada konsultan perpajakan, yang tentunya lebih ahli dalam mengurus setiap permasalahan untuk segera mencari solusinya. Sehingga masalah dapat segera ditemukan jalan keluarnya. 

5. Dapat Menentukan Perencanaan Pajak dengan Mudah. 

Pajak yang dibebankan kepada pengusaha kena pajak, tentunya lebih kompleks. Termasuk diantaranya pajak yang dibebankan pada proses produksi. Oleh sebab itu, tugas seorang konsultan pajak untuk melakukan perencanaan pajak yang harus dibayar di kemudian hari. 

SEODigital.co.id (PT. SEO DIGITAL INDONESIA) adalah Agency Digital Indonesia yang Bergerak Dibidang: Jasa SEO, Jasa Backlink, Jasa Blogroll, Jasa Content Placement, Jasa Press Release dan Jasa Penulis Artikel.

Contact

PT. SEO Digital Indonesia

NPWP: 43.504.847.5-437.000

Email: [email protected]

WA: 081221080222