Mengenal E-Bisnis Beserta Kelebihan dan kekurangannya

Ebisnis atau kepanjangan dari elektronik bisnis (baku ditulis e-bisnis) merupakan sistem bisnis yang dijalankan secara otomatis atau semi otomatis dengan menggunakan bantuan teknologi dan internet.

E-Bisnis dibuat dan dipasarkan dengan menggunakan bantuan teknologi komputer. Jadi, cakupan bisnisnya atau pasarnya jauh lebih luas dari pada bisnis konvensional.

Bisnis jenis ini merupakan pengembangan dari bisnis era digital seperti sekarang ini. Di mana internet menjadi pasar baru untuk bertransaksi.

Kelebihan E-Business

E-bisnis menawarkan berbagai keuntungan bagi pelaku bisnis dan konsumen.  Berikut beberapa kelebihan utama:

1. Pasar yang Lebih Luas

E-bisnis memungkinkan bisnis menjangkau pelanggan di seluruh dunia, tidak terbatas oleh lokasi geografis. Ini dapat meningkatkan penjualan dan brand awareness secara signifikan.

2. Operasi yang Lebih Efisien

E-bisnis dapat mengotomatiskan banyak tugas, seperti pemesanan, akuntansi, dan komunikasi pelanggan, sehingga menghemat biaya dan waktu.

3. Biaya Operasional yang Lebih Rendah

Dengan beralih ke e-bisnis, perusahaan dapat mengurangi biaya sewa tempat, gaji pegawai toko, dan hal lain yang terkait dengan toko fisik.

4. Informasi yang Lebih Mudah Diakses

Konsumen dapat dengan mudah mengakses informasi produk, harga, dan ulasan melalui situs web perusahaan. Ini membuat proses pembelian lebih nyaman dan efisien.

5. Harga yang Lebih Kompetitif

Dengan jangkauan pasar yang lebih luas, bisnis dapat membandingkan harga dengan kompetitor secara lebih mudah, sehingga berpotensi menawarkan harga yang lebih baik kepada konsumen.

6. Peningkatan Layanan Pelanggan

E-bisnis memungkinkan perusahaan untuk menyediakan layanan pelanggan 24/7 melalui email, live chat, dan media sosial.

Kekurangan E-Business

Meski memiliki banyak kelebihan, e-bisnis juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan:

1. Keamanan Lebih Rentan

Transaksi online rentan terhadap penipuan dan serangan siber. Pelanggan harus waspada dan memilih platform e-bisnis yang memiliki reputasi baik dan keamanan yang terjamin.

2. Tidak Berinteraksi Langsung dengan Pembeli

E-bisnis mengurangi interaksi tatap muka antara penjual dan pembeli. Ini bisa menyulitkan untuk membangun hubungan pelanggan dan kepercayaan, terutama untuk produk yang membutuhkan penjelasan lebih detail.

3. Ketidakpastian Produk

Konsumen tidak dapat melihat atau menyentuh produk secara langsung sebelum membeli, yang dapat menyebabkan ketidakpuasan.

4. Ketergantungan Pada Teknologi

E-bisnis sangat bergantung pada teknologi dan internet. Gangguan teknis atau kurangnya akses internet dapat menghambat kelancaran bisnis.

5. Biaya Pemasaran Online

Memasarkan produk secara digital tentu bukan hal yang mudah. Terlebih hal ini masih terbilang sebagai hal yang baru. Sudah pasti tidak sedikit biaya yang perlu kita keluarkan.

Kesimpulan

Ebisnis merupakan konsep yang sangat bagus digunakan di era digital. Ini bisa menjadi salah satu market yang cukup menjanjikan untuk perkembangan bisnis. Karena bisa menjangkau market yang jauh lebih luas.

Walau di sisi lain, ada banyak juga kekurangannya yang mesti kita pertimbangkan dengan baik. Namun, beberapa hal negatif dari dampak ebisnis ini masih bisa kita atasi sebelum menjalaninya.

SEODigital.co.id (PT. SEO DIGITAL INDONESIA) adalah Agency Digital No#1 di Indonesia yang Bergerak Dibidang: Jasa SEO, Jasa Backlink Media Blogger, Jasa Backlink Media Nasional dan Jasa Press Release Media Nasional.

Contact

PT. SEO Digital Indonesia

Email: [email protected]

WA: 081221080222