Pengertian dan Manfaat Cyber Security untuk Keamanan Data Bisnis di Internet

Internet memungkinkan semua perusahaan, besar ataupun kecil agar dapat menjangkau pasar lebih luas dan efisien dengan penggunaan alat berbasis komputer. Maka dari itu sebuah perusahaan yang sudah menggunakan sistem digital juga harus memikirkan pentingnya cyber security. Cyber security diperlukan untuk menjaga data penting serta informasi dari pelanggan sebuah perusahaan. 

Fakta yang terjadi saat ini, penipuan digital menjadi jenis kejahatan yang sering terjadi dibandingkan penipuan secara fisik. Cyber-attack menjadi sebuah ancaman bagi perusahaan besar ataupun kecil. Menurut laporan dari FBI Internet Crime Report, kerugian yang ditaksir dari kejahatan digital di tahun 2020 saja hampir menyentuh 40 miliar.

Cyber-attack atau serangan digital terjadi pada perusahaan kecil karena biasanya perusahaan kecil tidak memiliki infrastruktur keamanan yang tinggi seperti perusahaan besar. Namun, tidak menutup kemungkinan perusahaan besar juga bisa saja menjadi sasaran dari cyber attack. Semakin banyak jumlah data yang dimiliki perusahaan besar, maka akan semakin akan semakin banyak keuntungan yang didapat oleh penjahat cyber. Hal itu menempatkan perusahaan pada risiko tuntutan hukum jika informasi pelanggan bocor karena kelalaian perusahaan. Selain itu bocornya informasi pribadi akan membuat kepercayaan pelanggan berkurang atau hilang sama sekali.

1. Melindungi Perusahaan

Manfaat terbesar yang bisa dirasakan dari cyber security adalah keamanan yang didapatkan bisa memberi perlindungan digital yang komprehensif untuk perusahaan. Hal ini tentu memudahkan dan memberi keamanan bagi karyawan untuk menjelajah informasi di internet tanpa rasa takut adanya serangan digital pada data perusahaan

2. Melindungi Informasi Pribadi

Salah satu komoditas paling berharga di era digital adalah informasi pribadi. Jika penjahat digital dapat memperoleh informasi pribadi karyawan atau pelanggan, mereka akan menjual informasi itu dan menggunakannya untuk kejahatan baru lainnya.

3. Meningkatkan Keamanan Bekerja Bagi Karyawan

Tanpa adanya cyber security di perusahaan, Anda sebagai pemilik dan karyawan berisiko mendapatkan cyber attack. Jika sistem atau komputer terinfeksi virus maka itu akan menghambat produktivitas di dalam perusahaan.

4. Menjaga Produktivitas

Adanya virus dalam komputer dapat memperlambat atau bahkan menghentikan pekerjaan. Hal ini menyebabkan banyak waktu karyawan terbuang dan pada akhirnya membuat pekerjaan menjadi terbengkalai.

5. Menjaga Situs Web Perusahaan Tidak Down

Jika sistem dalam situs web Anda terinfeksi, maka situs web tersebut tidak akan bisa di akses atau parahnya tertutup. Anda akan melewatkan dan kehilangan transaksi bisnis, selain itu kepercayaan dari konsumen juga akan hilang.

6. Mencegah Spyware

Spyware adalah bentuk dari infeksi cyber yang dirancang untuk memata-matai aktivitas di komputer Anda dan menyampaikan kembali informasi ke penjahat cyber. Gunakanlah cyber security yang dapat mencegah spyware menyerang data perusahaan.

7. Mencegah Adware

Adware adalah bentuk virus komputer yang memenuhi komputer Anda dengan iklan. Iklan yang terus bermunculan dapat berdampak pada produktivitas dan sering kali tanpa sengaja Anda mengkliknya yang kemudian memungkinkan virus masuk pada komputer.

8. Solusi Komprehensif

Cyber security yang terbaik untuk perusahaan akan menawarkan solusi komprehensif dalam melindungi beragam cyber attack. Idealnya, cyber security menyertakan firewall, anti-virus, anti-spam, wireless security, dan penyaringan konten online. 

SEODigital.co.id (PT. SEO DIGITAL INDONESIA) adalah Agency Digital No#1 di Indonesia yang Bergerak Dibidang: Jasa SEO, Jasa Backlink Media Blogger, Jasa Backlink Media Nasional dan Jasa Press Release Media Nasional.

Contact

PT. SEO Digital Indonesia

NPWP: 43.504.847.5-437.000

Email: [email protected]

WA: 081221080222