Resi Pengiriman: Pengertian, Fungsi dan Cara Melacak Pesanan

Kamu mungkin tidak asing dengan istilah resi pengiriman, tapi apakah sudah paham apa pengertiannya? Ternyata selain untuk cek keberadaan barang yang dikirim, masih ada fungsi lainnya. Ketahui juga cara cek resi gratis!

Apa Itu Resi?

Resi adalah nomor yang didapatkan dari jasa pengiriman setelah kita melakukan pengiriman. Nantinya nomor resi bisa digunakan sebagai bukti kirim oleh penjual. Selain itu, bisa digunakan juga untuk pembeli dalam cek status pengiriman.

Jika diperhatikan, di dalam resi akan terdapat detail berupa:

  • Nomor resi
  • Nama penerima
  • Alamat
  • Nomor telepon penerima
  • Nama pengirim
  • Nama barang
  • Berat barang

Resi pengiriman ekspedisi ini harus disimpan baik-baik karena bisa digunakan untuk melacak posisi atau keberadaaan barang yang dikirim.

Fungsi Nomor Resi untuk Penjual dan Pembeli

Seperti yang kita tahu, nomor ini bisa digunakan untuk melacak barang yang sudah dikirim. Faktanya tidak hanya itu karena masih ada fungsi lain yang jarang disadari. Apa saja?

Berikut ini fungsi nomor resi bagi penjual dan pembeli:

1. Tanda Paket Sudah Dikirim

Nomor resi biasanya dikirimkan oleh penjual kepada pembeli. Ketika penjual sudah memberikannya, itu tandanya paket sudah dikirim. Sebagai pembeli, kita bisa cek nomor resi apakah valid atau tidak. Jika sudah begini, maka pembeli sudah tinggal menunggu barang pesanan sampai di tujuan.

2. Melacak Status Pengiriman

Selain berfungsi sebagai bukti paket sudah dikirim, kamu juga bisa gunakan nomor resi untuk melacak status pengiriman. Kamu bisa tahu paket sudah sampai di mana. Tentunya kamu juga jadi bisa memperkirakan kapan paket akan sampai di tempat tujuan.

3. Mengambil Barang ke Kantor Ekspedisi

Sebagai customer, kamu juga bisa mengambil barang pesanan ke kantor ekspedisi. Hal ini juga umum dilakukan jika panerima sedang tidak ada di tempat atau ada masalah pengiriman. Tentunya nomor resi jadi diperlukan sebagai syarat untuk pengambilan barang, namun biasanya sertakan juga KTP atau kartu identitas lain.

Cara Cek Nomor Resi Pengiriman

Sudah tahu pengertian dan juga manfaatnya, maka kini kita cari tahu bagaimana cara ceknya. Meski sudah umum, namun tidak jarang masih ada yang merasa kesulitan saat melihat detailnya.

Lebih jelasnya, ini detail cara lacak resi di semua jasa ekspedisi:

1. Salin Nomor Resi

Langkah pertama yang dilakukan yaitu simpan dan catat nomor resi. Kamu juga bisa menyalinnya jika mendapatkan nomor dari website atau aplikasi tempat kamu berbelanja. Selalu pastikan kamu menyimpannya dengan baik.

2. Buka Aplikasi atau Website Jasa Pengiriman

Setelah mendapatkan nomor resinya, kamu hanya perlu buka masing-masing situs resimu.net. Cari menu atau halaman untuk cek resi gratis. Kamu juga bisa cek di portal khusus.

3. Tulis Ulang Nomor Resi

Ketika sudah membuka halaman untuk ceknya, kamu cukup tulis ulang atau paste nomor resinya. Selanjutnya, kamu bisa lacak resi untuk melihat paket kamu sudah sampai di mana.

Pada bagian ini, kamu bisa melihat detail pada tanggal berapa dan jam berapa paket atau barang tersebut berpindah tempat. Pada intinya, setelah kamu mendapatkan nomor resi, maka kamu tidak perlu menanyakan keberadaan paket kepada pengirim atau penjual. Kamu bisa cek sendiri menggunakan cara di atas. Mudah, bukan?

SEODigital.co.id (PT. SEO DIGITAL INDONESIA) adalah Agency Digital No#1 di Indonesia yang Bergerak Dibidang: Jasa SEO, Jasa Backlink Media Blogger, Jasa Backlink Media Nasional dan Jasa Press Release Media Nasional.

Contact

PT. SEO Digital Indonesia

NPWP: 43.504.847.5-437.000

Email: [email protected]

WA: 081221080222