Liburan ke pantai memang menjadi alternatif paling menyenangkan ketika ingin bersantai sekaligus bermain. Pemandangan laut biru yang memukau akan membuat hati tenang, pasir pantai yang lembut akan menjadi wahana yang bagus untuk bermain. Namun, kadang ke pantai pun butuh rekreasi yang memacu adrenalin, contohnya dengan melakukan surfing atau berselancar. Hanya saja, sebuah pantai harus punya ombak yang cukup besar untuk bisa dijadikan area surfing. Meskipun begitu jangan khawatir, karena di Indonesia ada banyak sekali spot surfing yang bisa kamu coba bahkan di berbagai musim. Menurut sumber dari website superadventure.co.id ada beberapa rekomendasi spot berikut ini.

Tempat Surfing Seru di Indonesia

  1. Selancar di Pantai Watu Karung, Pacitan

Jika kamu berada di wilayah Jawa Timur, tidak ada salahnya pergi ke Pacitan untuk mengunjungi Pantai Watu Karung. Selain punya pemandangan yang memukau mata, pengunjung juga bisa menantang diri untuk berselancar. Pasalnya, pantai satu ini punya ombak yang cukup besar. Hanya saja, jalur menuju pantai satu ini cukup sulit dijangkau karena memang terpencil sekali. Namun, jika sudah sampai sana, kamu dijamin tidak menyesal.

Pantai ini bertipe reef break, dan banyak batu karang yang indah. Namun, karena hal itu pula, pengunjung harus berhati-hati. Meskipun begitu, karena kekuatan ombaknya, surfer kelas dunia pun pernah mengunjungi pantai ini. Kamu yang peselancar asal Indonesia juga jangan mau ketinggalan, yha.

  1. Surfing di Pantai Plengkung, Banyuwangi

Salah satu pantai yang banyak dikunjungi surfer di Jawa Timur adalah Pantai Plengkung ini. Letaknya ada di Kabupaten Banyuwangi, di kawan Taman Nasional Alas Purwo. Jadi, selain mengunjungi pantai untuk berselancar, kamu juga bisa sekalian menikmati keindahan Alas Purwo yang melegenda. Tidak heran jika pantai satu ini dijadikan sebagai liga surfing dunia.

Beberapa alasan mengapa Pantai Plengkung sangat terkenal di kalangan para surfer adalah karena memiliki ombak besar yang konstan. Bahkan ombak pantai ini menjadi salah satu terbaik di dunia. Terlebih, bagi turis yang datang dari Bali, sangat mudah untuk menuju pantai yang satu ini mengingat Bali dan Banyuwangi punya jalur akses langsung lewat laut.

  1. Surfing untuk Pemula di Pantai Selong Belanak, Lombok

Pulau Lombok menjadi salah satu destinasi wisata populer di Indonesia dan terkenal akan banyaknya pantai indah yang bisa dieksplorasi. Salah satu yang menawan hati adalah Pantai Selong Belanak. Pantai ini memiliki ombak yang bagus, dan pasir pantai yang putih serta halus. Tidak heran jika wisatawan dari dalam dan luar negeri rajin mengunjungi Pantai Selong Belanak.

Pantai ini, meskipun sering dikunjungi para surfer, tapi tingkat ombaknya sangat bersahabat untuk peseluncur pemula. Pengunjung yang tidak memiliki alat sendiri pun bisa menyewa dari warga sekitar. Apabila kamu baru ingin berlatih surfing, coba saja ke pantai satu ini.

  1. Surfing Seru di Pantai Mawi, Lombok

Jika sejak awal sudah bisa surfing, dan ingin mencari pantai yang lebih menantang di Lombok, kamu bisa mengunjungi Pantai Mawi. Pantai satu ini cukup ganas ombaknya, sehingga wisatawan pun menyukai berseluncur di sini. Pada bulan Mei hingga Oktober, pantai ini punya ombak yang sangat bagus, sehingga sangat direkomendasikan untuk datang pada saat-saat tersebut. Bahkan, ombak pantai ini bisa mencapai 4 meter saat sedang bagus-bagusnya.

  1. Surfing di Pantai Uluwatu, Bali

Para pro player yang benar-benar ahli dalam berselancar, biasanya suka mendatangi Pantai Uluwatu yang ada di Bali. Pantai ini memiliki ketinggian ombak dari 5 meter sampai 8 meter. Selain itu, panjang dan pendek ombak yang muncul bisa bergantian dengan teratur, sehingga menyenangkan untuk dijadikan sebagai spot berseluncur. Bahkan, karena memiliki banyak kelebihan sebagai tempat surfing, pantai ini mendapat posisi ke-3 sebagai sport surfing versi CNN Travel, lho.

  1. Ke Pantai Mentawai, Sumatera Barat

Jika pergi ke Sumatera Barat, cobalah untuk berkunjung ke kepulauan Mentawai. Ada ratusan titik surfing yang bisa kamu kunjungi di sini, bahkan pengunjung luar negeri pun gemar datang ke kepulauan ini untuk mencari lokasi surfing terbaik. Jika bingung ingin ke spot yang mana, cobalah ke Pulau Sipora yang ada di kepulauan Mentawai. Pulau satu ini punya spot surfing yang bagus dan pernah masuk ke 20 besar spot surfing versi CNN Travel. Baca juga informasi Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menghindari Corona Ketika di Luar Rumah.

Open chat
1
Hallo,

Ada yang bisa Kami Bantu?